6 Tips Menjelajah Negeri Muslim Dunia

No comment 115 views

Berikut artikel 6 Tips Menjelajah Negeri Muslim Dunia, Semoga bermanfaat

Jakarta – Negeri-negeri muslim di dunia menawarkan destinasi eksotis dengan kebudayaan yg menarik. Berwisata ke sana perlu kiat khusus buat menikmatinya dengan tepat.

Islam menyebar di berbagai negara di dunia. Jejak peradaban yg panjang menghasilkan berjuta destinasi yg menarik wisatawan dunia.

Namun, dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Berwisata ke negeri muslim harus memperhatikan sejumlah norma tertentu. Kelebihannya punya, kalian dapat menikmati dua hal yg tak ada di tempat lain.

Kali ini, detikTravel Kamis (30/6/2016) mulai memberikan dua tips bagi travelers yg ingin menjelajahi negara-negara muslim dunia:

1. Nikmati wisata religi dan sejarahnya

Tersebar hampir di semua dunia, Islam memiliki dua keunikan peradaban yg asyik buat diketahui lebih dalam. Agar bisa menikmati ketika travelling, jangan lupa bagi mencari dua tempat yg menjadi buruan atau paling dicari di negara tersebut.

Negeri muslim milik masjid-masjid dan bangunan tua bersejarah yg menarik. Belum lagi museum-museum dengan koleksi yg berharga. Beberapa bangunan modern juga milik arsitektur yg mengagumkan. Biasanya, tempat-tempat yg tidak jarang dikunjungi pelancong menyediakan jasa tour guide yg bisa memberikan keterangan lebih dalam seperti sejarahnya, fungsi dan lain-lain.

Nikmati dan kunjungi setiap sudutnya, karena banyak dua hal yg mungkin tak ditemui di negara asal. Untuk penganut agama Islam, berwisata religi bisa tidak mengurangi keimanan kepada Allah SWT.

2. Menggunakan pakaian yg sopan

Salah sesuatu ciri khas negeri muslim adalah aturan busana. Berpakaianlah yg sopan meski tak sepenuhnya tertutup.

Kurangi membawa pakaian yg menunjukkan lekuk tubuh tertama perempuan. Hindari juga memakai celana atau rok pendek buat perempuan.

Ketika yg dikunjungi adalah tempat ibadah, wisatawan perempuan wajib memakai hijab, kerudung atau kain penutup yang lain bagi menutup kepala. Pun laki-laki diminta bercelana panjang.

3. Membawa teman ketika travelling, khususnya wanita

Untuk sebagian orang, solo travelling menjadi keasyikan tersendiri. Namun yang lain halnya seandainya berkunjung ke negeri Muslim. Beberapa tempat tak disarankan buat perempuan traveling sendirian.

Di negeri muslim Timur Tengah, ada baiknya buat terus didampingi oleh seorang teman yg telah dikenal. Namun bagi negeri muslim Asia, perempuan solo traveling tak ada masalah.

4. Mencoba wisata kuliner

Peradaban Islam menghasilkan kuliner lezat beraneka ragam di segala dunia. Adat dan tradisi Islam di berbagai negara menghasilkan macam makanan yg berbeda-beda dipengaruhi perayaan hari-hari utama umat Islam.

Berwisata ke negeri muslim saatnya menikmati wisata kuliner beraneka macam. Timur Tengah biasanya memiliki cita rasa kuliner dengan kaya rempah-rempah dan sangat membuat lidah bergoyang. Asia tengah milik kari-kari yg lezat. Sementara negeri muslim Asia Tenggara milik banyak makanan gurih yg serumpun dengan Indonesia. Wajib dicoba semua!

5. Berinteraksi dengan warga asli

Bosan jalan-jalan ala turis ke tempat yg telah mainstream? Coba saja bagi berkenalan dengan warga asli. Menyatu dengan orang yg sudah lama hidup di tempat yg dikunjungi memberikan banyak keuntungan.

Negeri-negeri muslim penduduk aslinya ramah kepada turis. Selain mendapatkan cerita-cerita yg mungkin tak mampu diperoleh dari internet atau sumber lainnya, Travelers mampu saja mendapat kesempatan mencicipi kuliner asli atau bahkan penginapan gratis yg dapat menghemat biaya perjalanan plus pengalaman yg tak terlupakan.

6. Berburu suvenir unik

Berkunjung ke suatu tempat rasanya tak lengkap seandainya tanpa membeli satu yg khas dari asalnya. Begitu pula seandainya berkunjung ke negara Islam, suvenir-suvenir yg unik ada banyak.

Ada karpet, baju, atau peralatan salat lainnya dengan motif yg indah tentu sangat menarik seandainya bisa dibawa pulang. Selain kaligrafi, pajangan rumah lainnya yg khas juga bisa menjadi pilihan buat disimpan di rumah ataupun menjadi buah tangan buat orang-orang terdekat.

Terakhir, jadilah pelancong yg baik dan jangan lupa buat terus menjaga sikap dan perilaku ketika berkunjung kemanapun ya, traveler. Selamat berwisata! (krn/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/30/092000/3245513/1048/6-tips-menjelajah-negeri-muslim-dunia
Terima kasih sudah membaca berita 6 Tips Menjelajah Negeri Muslim Dunia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "6 Tips Menjelajah Negeri Muslim Dunia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.