6 Tips Melihat Hewan Unik Nan Eksotis Di Indonesia

No comment 65 views

Jakarta – Mengintip kehidupan hewan eksotis di Indonesia memang terus menarik. Hanya saja, ada tips dan aturan tersendiri agar tak merugikan kedua belah pihak. Ini tipsnya!

Siapa yg tidak penasaran dengan hewan eksotis dan endemik di Indonesia. Bertemu dan lebih dekat dengan mereka membuat perjalanan terasa berbeda. Tapi jangan asal. Karena ada tips yg dapat diikuti.

detikTravel, Kamis (26/5/2016) memberikan tips bagaimana berwisata melihat hewan unik dan eksotis.

1. Memakai pemandu/tour guide

Tidak ada salahnya buat memakai jasa tour guide. Selain mendapatkan keterangan yg tak bisa diperoleh dari sumber lainnya, pemandu wisata juga mampu menghindari wisatawan jahil yg mampu merusak ketenangan tempat wisata. Biasanya, pengunjung suka melewatkan peraturan-peraturan yg terpasang di lokasi.

Pemandu wisata juga mampu mengingatkan traveler dan memberikan penjelasan mendetail terkait lokasi serta hewan yg terdapat divdalamnya. Pengetahuan yg didapat pun jadi lebih banyak!

2. Menjaga jarak dan jangan menganggu hewan

Sikap hewan memang tak mampu diprediksi. Bisa saja hewan belum atau memang tak mampu jinak. Ada baiknya bagi menjaga jarak dari tempat hewan itu berada, bagi menghindari hal yg tak diinginkan.

Selain itu, jangan melakukan tindakan yg mampu menganggu hewan. Seperti melempar benda atau berteriak-teriak atau hal lainnya yg membuat hewan merasa terganggu.

Hal ini tentu membuat para hewan tak nyaman. Juga, dapat membahayakan para pengunjung.

3. Jaga kelestarian alam

Alam sebagai tempat tinggal makhluk hidup wajiblah dijaga kelestariannya. Dengan menjaga kelestarian alam maka alam pun juga mulai bersahabat pada makhluk hidup.

Sebagai contoh, membuang sampah pada tempatnya telah termasuk menjaga kelestarian alam. Juga jangan lupa buat menjaga lingkungan di sekitarnya agar keadaan alam tetap terjaga.

4. Pahami perilaku hewan

Semua hewan memiliki perilaku dan sikap yg tak sama. Memahami perilaku hewan menjadi salah sesuatu cara bagi mampu melihat hewan dengan nyaman.

Bisa saja hewan tersebut sedang dalam keadaan stress atau birahi di mana perilakunya dapat saja membahayakan. Sebaiknya tanya petugas atau pemandu wisata tentang keadaan hewan tersebut.

5. Berhati-hati seandainya ingin mengambil foto

Mengabadikan momen dengan mengambil foto telah menjadi hal wajib ketika berwisata atau mengunjungi suatu tempat. Namun, seandainya sedang di tempat yg terdapat hewan unik di dalamnya sebaiknya berhati-hati dan tetap di jarak yg aman.

Ada baiknya buat tak memakai lampu tambahan atau flash yg mampu saja menganggu ketenangan hewan tersebut yg mungkin jarang bertemu dengan manusia. Jangan mengambil gambar terlalu ekstrem, seperti selfie dengan jarak terlalu dekat misalnya.

6. Siapkan keadaan fisik dan mental yg prima

Hewan eksotis yg unik biasanya jarang ditemui karena cuma hidup di tempat-tempat tertentu. Biasanya mereka hidup jauh di dalam hutan.

Tentu bertemu mereka tidak semudah melihat hewan di kebun binatang. Butuh trekking atau perjalanan jauh buat bertemu mereka. Maka dari itu, keadaan fisik yg fit dan mental yg kuat sangatlah diperlukan. (krn/shf)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/05/26/093500/3218056/1048/6-tips-melihat-hewan-unik-nan-eksotis-di-indonesia
Terima kasih sudah membaca berita 6 Tips Melihat Hewan Unik nan Eksotis di Indonesia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "6 Tips Melihat Hewan Unik Nan Eksotis Di Indonesia"