5 Tips Berwisata Di Perbatasan Antar Negara

No comment 127 views

Berikut artikel 5 Tips Berwisata di Perbatasan Antar Negara, Semoga bermanfaat

Jakarta – Berwisata sampai ke perbatasan negara dapat menjadi pilihan yg menyenangkan. Destinasi ini sangat membuka mata tentang keanekaragaman dunia. Namun, wisata perbatasan juga butuh kiat khusus.

Pembatas antar negera seringkali menjadi daya tarik untuk para pelancong bagi dikunjungi sebagai alternatif berwisata. Selain melihat segera pembeda antara negara sesuatu dengan lainnya, perbatasan seringkali ditandai dengan satu yg unik dan sayang bagi dilewatkan.

Maka dari itu, dibutuhkan kiat-kiat khusus buat mengunjungi wilayah perbatasan antar negara. Kali ini, detikTravel Kamis (11/8/2016) menghimpun dua tips seandainya traveler ingin berkunjung ke wilayah perbatasan antar negara:

1. Persiapkan paspor dan visa

Saat berpergian ke luar negeri, membawa paspor telah menjadi kewajiban yg paling utama. Tidak cuma menjadi salah sesuatu syarat bagi memasuki negara lain, paspor juga menjadi identitas selama berada di luar negeri. Ibaratnya, paspor adalah nyawa seorang pelancong.

Saat wisata perbatasan, tidak jarang kali wisatawan tergoda bagi menyeberang karena di sisi yang lain ada atraksi wisata yg menarik, entah pasar, wisata kuliner atau pusat oleh-oleh. Inilah sebabnya kalian mesti bawa paspor.

Kalau negara itu bebas visa atau sekadar visa on arrival buat turis Indonesia, kami mampu menyeberang dengan mudah. Namun kalau butuh visa sebelumnya, berarti kami mesti mempersiapkan dengan baik. Kalau tidak, kami cuma menikmati negara yang lain dari balik pagar perbatasan saja, sayang kan.

2. Beperilaku sewajarnya dan jangan kelihatan mencurigakan

Negara perbatasan biasanya dijaga dengan sistem keamanan yg ketat karena mencakup beberapa wilayah negara yg berbeda. Ini dikerjakan pihak negara terkait bagi menjaga agar negaranya tetap aman.

Jangan merasa aneh dan bingung saat petugas keamanan yg bersangkutan mengecek barang bawaan atau bertanya dengan sangat detail, cukup jawab sewajarnya dengan jujur. Saat berhadapan pun cobalah bagi bersikap tenang dan tak kelihatan mencurigakan.

3. Siapkan kamera

Pergi berwisata ke luar negeri memang telah biasa buat sebagian orang. Tapi seandainya di perbatasan antar negara pasti banyak keunikan yg jarang ditemui di lokasi lainnya.

Jangan lupa bagi siapkan kamera agar bisa mengabadikan momen dengan berfoto. Ambil gambar-gambar yg menarik sehingga mampu menjadi kenangan indah ketika pulang nanti.

Namun, berhati-hatilah dalam memotret. Biasanya di daerah perbatasan mempunyai dua aturan khusus termasuk tak boleh mengambil gambar tertentu misalnya saja pos perbatasan atau aparat yg sedang bertugas. Ada baiknya buat bertanya kepada petugas atau warga setempat, begitupun ketika ingin mengunggahnya ke media sosial.

4. Mematuhi peraturan yg berlaku

Setiap daerah memiliki peraturan yg berbeda-beda. Peraturan tersebut dibuat semata-mata bukan cuma bagi kepentingan pembuat aturan, namun juga menjaga agar keadaan tetap aman dan keselamatan para pengunjung.

Khususnya di perbatasan antar negara, biasanya peraturan yg belaku mulai jauh lebih ketat dibandingkan tempat lainnya. Jika ingin berwisata lancar tanpa gangguan, salah sesuatu caranya adalah mematuhi peraturan yg ada.

5. Memperhatikan waktu kunjungan

Tidak seperti destinasi wisata lainnya, perbatasan antar negara terkadang tak dibuka 24 jam buat umum. Biasanya ada waktu-waktu tertentu dimana orang tak mampu sembarang masuk dan keluar melalui jalur batas.

Carilah keterangan tentang waktu kunjungan sehingga traveler tak mulai kecewa semisal ingin berkunjung. Lebih baik bagi berkunjung di siang hari daripada malam hari demi keselamatan travelers.

(shf/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/11/105050/3272991/1048/5-tips-berwisata-di-perbatasan-antar-negara
Terima kasih sudah membaca berita 5 Tips Berwisata di Perbatasan Antar Negara. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "5 Tips Berwisata Di Perbatasan Antar Negara"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.