5 Tempat Terbaik Melihat “Sunrise” Di Yogyakarta

No comment 95 views

Berikut artikel 5 Tempat Terbaik Melihat “Sunrise” di Yogyakarta, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Momen sunrise selalu membawa aura positif untuk penikmatnya. Saat semburat kuning keemasan muncul dari ufuk timur, hari baru pun dimulai. Sinar Sang Surya menghangatkan tubuh serta sanubari.

Dengan deretan pantai dan barisan pegunungan, DI Yogyakarta adalah lokasi yg tepat buat berburu sunrise. Dihimpun KompasTravel, berikut lima tempat terbaik melihat momen matahari terbit di DI Yogyakarta.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Sesuai namanya, Nglanggeran adalah nama gunung api purba yg berbentuk bongkahan batu raksasa. Gunung yg terletak di Patuk, Kabupaten Gunungkidul ini dapat didaki dengan waktu tempuh 1-1,5 jam.

Bagian timur puncak Gunung Api Purba Nglanggeran adalah spot terbaik menanti sunrise. Lebih baik mendaki sekitar pukul 04.00 WIB, agar mendapatkan spot terbaik dan tak ketinggalan semburat cahaya yg perlahan keluar dari ufuk timur.

Sebaliknya, bagian barat puncak Gunung Api Purba Nglanggeran adalah tempat terbaik melihat sunset alias matahari terbenam. Matahari mulai tenggelam di ufuk barat, cahaya keemasan kemudian berubah menjadi gemerlap lampu Kota Jogja dari kejauhan. 

Gunung Merapi 

Letusan masif Gunung Merapi pada 2010 dahulu rupanya tak menimbulkan trauma untuk masyarakat lokal dan wisatawan. Selain adanya Merapi Lava Tour, gunung ini masih ramai didaki. Pemandangan matahari terbit dari puncaknya tetap menjadi primadona para pendaki.

Juara.net/Tulus Muliawan Gunung Merapi

Anda dapat mendaki Gunung Merapi dari beberapa jalur, yakni Selo (utara) dan Babadan (barat). Anda disarankan kemping di puncak, agar tak ketinggalan momen matahari terbit. 

Kebun Buah Mangunan

Salah sesuatu tempat paling hit dan instagenic di DI Yogyakarta adalah Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata yg terletak di Desa Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul ini milik pemandangan yg memesona: Bantul di bagian barat, Pantai Parangtritis di bagian selatan, dan Sungai Oya di hadapan mata.

KOMPAS.com/DANI J Jembatan gantung warna kuning ini menghubungkan Desa Sri Harjo dengan Desa Selopamioro. Jembatan jadi terlihat mungil dari ketinggian.

Disebut Kebun Buah Mangunan karena tempat ini ditumbuhi beragam buah-buahan. Antara yang lain mangga, rambutan, jambu air, jambu biji, jeruk, dan manggis.

Namun, waktu terbaik bagi berkunjung adalah pagi hari yakni saat matahari muncul dari ufuk timur. Datanglah sekitar pukul 05.00 WIB. Namun jangan lupa bawa sweater dan jaket, karena hawa dingin di tempat ini cukup menusuk kulit!

Pantai Sundak

Pantai Sundak terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Sundak adalah salah sesuatu pantai paling cantik di deretan pesisir selatan DI Yogyakarta.

BARRY KUSUMA Pantai Pulang Sawal terletak di kawasan pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Sundak adalah pagi hari, saat matahari terbit. Dibanding deretan pantai “tetangga”, Sundak memang tergolong kecil. Namun pemandangan sunrise yg disuguhkan konon menghipnosis para wisatawan.

Embung Tambakboyo

Mau lihat sunrise di lokasi antimainstream? Datanglah ke Embung Tambakboyo yg terletak di Condong Catur, Depok, Kabupaten Sleman.

Embung Tambakboyo adalah waduk yg rampung dibuat pada 2008. Sebenarnya, fungsi penting waduk ini adalah sebagai tempat menampung cadangan air bagi warga Bantul, Sleman, dan sekitarnya. 

Meski begitu, Embung Tambakboyo juga memiliiki jalur jalan kaki dan dua spot bersantai. Pemandangan sunrise dari waduk ini juga indah, apalagi ketika cahaya matahari terpantul di permukaan air yg tenang.

Seperti apakah sensasi magis menikmati matahari terbit di salah sesuatu spot terbaik melihat sunrise di Yogyakarta? Buktikan sendiri keindahannya dengan mengikuti kuis berhadiah liburan ke Yogyakarta.

Nantikan kuis “Take Me Anywhere 2” yg diadakan KompasTravel bersama Oppo. Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam. Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone Oppo F1s.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/09/12/150600627/5.tempat.terbaik.melihat.sunrise.di.yogyakarta
Terima kasih sudah membaca berita 5 Tempat Terbaik Melihat “Sunrise” di Yogyakarta. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "5 Tempat Terbaik Melihat “Sunrise” Di Yogyakarta"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.