5 Kuliner Legendaris Khas Solo Yang Murah Dan Enak

No comment 90 views

Berikut artikel 5 Kuliner Legendaris Khas Solo yang Murah dan Enak, Semoga bermanfaat

SURAKARTA, KOMPAS.com – Urusan lidah dan perut ketika berwisata jangan pernah ditunda. Pergi dan cicipi kuliner setempat yg tentu sulit Anda temui di kota yang berasal Anda.

Kota Surakarta atau dikenal dengan sebutan Solo, milik segudang kuliner yg wajib dicicipi. Nah, berikut KompasTravel berikan lima rekomendasi kuliner wajib mencoba saat berkunjung ke Solo.

1. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Di warung Es Dawet Bu Dermi, Anda mulai menemukan ramuan es dawet tradisional Solo yg turun-temurun tiga generasi. Semangkuk es dawet ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula dan santan dengan tambahan es batu mulai menyegarkan tenggorokan setelah mengelilingi Pasar Gede.

Rut Tulus Subekti atau akrab disapa Bu Utit, sosok di balik jajanan Dawet Telasih Bu Dermi. Ia adalah generasi ketiga yg kini meneruskan usaha es dawet yg akan berjualan sejak tahun 1930-an di Pasar Gede.

Semangkuk es dawet dipatok harga sebesar Rp 8.000. Bu Utit setiap harinya membuka warung es dawet hingga pukul 15.00 WIB.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Lenjongan adalah jajanan tradisional Solo yg sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Lenjongan terdiri dari dua jenis makanan, misalnya tiwul, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil, dan klepon.

2. Brambang Asem

Brambang Asem adalah makanan yg lama tidak terdengar. Kuliner Brambang Asem terdiri daun ubi dicampur sambal asam jawa yg terasa pedas dan manis.

Di sampingnya ada tempe gembos dimasak bacem. Tempe gembos sendiri berbeda dengan tempe biasa karena terbuat dari ampas tahu bukan kacang kedelai.

Untuk menemkan Brambang Asem, Anda cukup menuju penjual lenjongan, Yu Sum. Seporsi Brambang Asem dijual Yu Sum seharga Rp 4.000 akan pukul 07.00 hingga pukul 14.00 WIB.

3. Lenjongan

Makanan tradisional Solo ini bernama lenjongan. Anda mampu menyentap lenjongan sebagai sarapan pagi Anda sebelum berwisata.

Lenjongan terdiri dari dua jenis makanan, misalnya tiwul, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil, dan klepon. Penjual Lenjongan di Pasar Gede Yu Sum (56) menceritakan, sejak zaman penjajahan, lenjongan sudah dikenal sebagai jajajan di Solo.

Yu Sum menjual lenjongan di Pasar Gede dari pukul 07.00 – 14.00 WIB. Seporsi lenjongan dengan aneka pilihan isi ditawarkan dengan harga Rp 4.000.

4. Nasi Tumpang

Wisata kuliner di Solo tidak cuma tengkleng, nasi liwet, atau selat. Coba kuliner unik murah meriah berbahan tempe busuk yg memilat selera di Pasar Gede Hardjonagoro, Solo yakni Nasi Tumpang.

Nasi tumpang disajikan dengan tambahan tahu putih dan daun bayam rebus. Nah, tempe yg sudah diolah disiramkan di atas daun bayam serta tahu rebus.

Seporsi nasi tumpang ditawarkan dengan harga Rp 5.000. Menikmati nasi tumpang, lebih lengkap dengan suguhan kerupuk renyah khas Solo yakni karak.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Semangkuk es dawet telasih Ibu Dermi tersaji di meja kecil warung di Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016). Semangkukk es dawet telasih ditawarkan dengan harga Rp 8.000.

5. Sate Buntel

Sate buntel di Solo adalah opsi kuliner yg dapat dicoba. Kuliner itu dibuat dari cacahan daging kambing yg dibalut dengan lemak daging dulu dibakar. Satu porsi sate buntel terdiri dari beberapa tusuk olahan daging kambing yg dililit pada sebilah bambu seperti sate lilit dari Bali.

Ketika digigit, daging kambing yg dibungkus dengan lemak daging terasa empuk dan tidak berbau prengus. Bumbu kuah kecap serta gurih dari bawang putih menyerap ke dalam gilingan daging kambing.

Tempat yg mampu dikunjungi buat menikmati sate buntel adalah Warung Sate Mbok Galak. Seporsi sate buntel dihargai Rp 35.000.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/27/060300827/5.Kuliner.Legendaris.Khas.Solo.yang.Murah.dan.Enak
Terima kasih sudah membaca berita 5 Kuliner Legendaris Khas Solo yang Murah dan Enak. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "5 Kuliner Legendaris Khas Solo Yang Murah Dan Enak"