5 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Ke Pulau Komodo

No comment 125 views

Berikut artikel 5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum ke Pulau Komodo, Semoga bermanfaat

Labuan Bajo – Jika bicara Labuan Bajo, pasti destinasi andalannya adalah Pulau Komodo. Eits, ada dua hal yg harus diketahui sebelum menjelajah pulau itu.

Hewan purba dan alam indah jadi perpaduan sempurna dan daya tarik dari Pulau Komodo di Flores, NTT. Tak heran seandainya Labuan Bajo yg jadi pintu masuknya pun menjadi salah sesuatu destinasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yg dibuat oleh Kementerian Pariwisata.

Nah, sebelum menjelajah Pulau Komodo dan bertemu sang naga purba, ada baiknya mengetahui dua hal ini. Disusun detikTravel, Senin (8/8/2016) inilah dua hal yg harus diketahui sebelum trekking di Pulau Komodo:

1. Hati-hati, komodo kecil tinggal di atas pohon

Pada dasarnya, komodo adalah hewan melata sejenis kadal yg senang tinggal di pohon. Hanya saja, semakin besar tubuhnya, semakin sulit mereka naik pohon.

Namun itu tak berlaku untuk komodo kecil. Mereka suka sekali naik ke pohon. Bukan sekadar karena badannya kecil, tetapi juga mereka menyelamatkan diri dari incaran predator merupakan komodo jantan.

Sampai tubuhnya cukup besar bagi bertahan hidup sendiri, mereka mulai tinggal di atas pohon. Oleh karena itu, terus ikuti ranger karena mereka biasanya tahu pohon mana yg sedang dihuni oleh komodo kecil.

Kalau tidak, bisa-bisa kamu kejatuhan komodo. Hiiii, ngeri!

2. Jangan dekati komodo yg sedang bertelur

Hampir setiap hewan jadi lebih galak dan berbahaya kala sedang bertelur. Begitu juga dengan para komodo betina.

Mereka milik sarang dan mulai menjaga mati-matian telur-telur mereka. Karena banyak predator yg bersiap mencuri telur mereka. Mulai dari komodo jantan sampai monyet yg nakal.

Jadi, para ranger biasanya mulai bersiaga seandainya treknya melewati sarang komodo. Para komodo betina ini mampu merasakan kehadiran makhluk yang lain dari kejauhan dan bersiap berperang kalau dianggap membahayakan telurnya.

3. Tidak ada komodo yg jinak

Biasanya komodo suka kelihatan di area dapur umum pengelola taman nasional. Mereka mulai mengambil makanan dari yg disajikan para koki. Nah, hewan-hewan ini mulai kelihatan begitu jinak karena cuma diam seperti patung.

Pada kenyataannya, tak ada komodo yg jinak. Kalaupun mereka diam, bukan berarti tak mampu menyerang kamu secara tiba-tiba.

Memang banyak wisatawan yg menjadikan area dapur sebagai tempat pas bagi berfoto bareng komodo. Karena mereka gampang kelihatan dan diam saja.

Tapi jangan sekali-kali keluar dari pengawasan ranger. Karena seandainya lengah sedikit, kamu dapat jadi santapan para komodo ini.

4. Pemandangan berbeda ketika musim hujan dan musim kemarau

Indonesia memiliki 2 musim, dan di setiap musim, pemandangan di pulau ini berbeda-beda. Saat musim kemarau, savana di pulau ini mulai berwarna kuning kecoklatan, seperti di Afrika.

Nah ketika musim penghujan, semua pulau ini mulai berwarna hijau segar. Sangat berbeda tetapi sama-sama memiliki pemandangan yg luar biasa.

5. Komodo dapat ada di mana saja

Kamu harus terus berhati-hati selama berada di Pulau Komodo. Karena komodo mampu ada di mana-mana. Meski telah selesai trekking, tetapi komodo dapat muncul di mana saja.

Seperti contoh, komodo dapat saja muncul di depan toilet, atau di depan kantin. Kalau hadir tiba-tiba seperti itu, jangan sampai panik dan kabur tiba-tiba karena itu cuma mulai membahayakan diri sendiri. (shf/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/08/085000/3270314/1519/5-hal-yang-harus-diketahui-sebelum-ke-pulau-komodo
Terima kasih sudah membaca berita 5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum ke Pulau Komodo. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "5 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Ke Pulau Komodo"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.