5 Hal Seru Yang Bisa Dilakukan Di Kota Tua Padang

No comment 174 views

Berikut artikel 5 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Kota Tua Padang, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

 

Kota Tua Padang yaitu salah sesuatu desitnasi wisata menarik yg bisa dikunjungi bila ingin menikmati hari libur di Kota Padang. Terutama dengan nuansa yg berbeda.

Karena Kota Tua Padang menyimpan sederet cerita yg sebenarnya bila ditelusuri lebih dalam mulai menarik buat dijelajahi. Lantas kegiatan apa saja yg dapat dikerjakan bila ke Kota Tua Padang? Berikut ulasannya:

1. Mengenal Kota Padang Lebih Dekat

Untuk mengenal lebih dekat Kota Padang, memang pergi ke kota tua tempatnya. Disadari ataupun tidak, kehadiran Kota Padang ini tak lepas dari kawasan Kota Tua Padang. Cerita Kota Padang bermula di sekitar Pelabuahan Muaro yg akan berkembang kira-kira pada abad ke-14.

Dari kota tua ini banyak pembelajaran mengenai sejarah dan melihat bukti kejayaan Kota Padang dimasa lampau. Dari banyaknya bangunan peninggalan zaman kolonial, budaya yg beragam dan berada di kawasan yg sangat strategis kala itu. Semuanya ini kelihatan di jalan Muaro, Batang Arau, Pasa Gadang (Pasar Hilir), Pasa Mudik, dan Pasa Tanah Kongsi hingga kawasan Pondok.

Menariknya, Kota Padang pernah menjadi kota metropolitan terbesar di Sumatera. Waktu itu, sekitar akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19, ketika aktivitas perniagaan berkembang pesat lintas negara. Kemudian, Kota Padang juga pernah menjadi menjadi pusat kekuatan militer dan pemerintah Hindia Belanda. Tentunya mulai berbeda seandainya melihat Kota Tua Padang ketika ini.

2. Melihat Kawasan Multietnik

Bila diurai lagi, kota tua tak cuma menyimpan hikayat Padang lama, tetapi memiliki kisah tersendiri dari beragamnya kehidupan masyarakat yg berkumpul di dalamnya. Setidaknya ada etnis India, Tiongkok, Nias, Melayu, Jawa dan Minangkabau yg mendiami kawasan Kota Tua Padang ketika ini.

Akulturasi budaya dan pembauran etnik pun terjadi di kawasan kota tua dan menjadi sajian yg menarik buat dikunjungi. Berwisata murah meriah. Misalnya saja di kawasan Pondok yg didominasi oleh masyarakat keturunan Tiongkok. Seakan merasakan suasana negeri tirai bambu, terutama bila memasuki perayaan Imlek. Suguhan kesenian tradisional Tiongkok seperti atraksi barongsai, naga, dan singa peking mulai ditampilkan sehingga tak jarang mengundang banyak pengunjung.

Lain halnya untuk masyarakat keturunan India di kawasan Kampung Keling Pasar Gadang, tiap tanggal 1 Jumadil Akhir terus digelar tradisi Serak Gulo (Serak Gula). Kegiatan ini buat mengenang tokoh pembawa Islam di India. Dalam lingkup dunia, tradisi tahunan ini cuma ada di India, Singapura dan Kota Padang. Menarik bukan?

3. Berolahraga Menyusuri Bangunan Tua

Pembauran budaya ini menciptakan suatu pemukiman dengan bangunan arsitekturnya beragam. Terkadang Anda mampu bernostalgia menembus suasana zaman tempo dulu. Dengan mengelilingi Kota Tua Padang mampu menemukan berbagai hal yg menarik, akan dengan jalan kaki sembari olahraga atau jogging pagi.

Biasanya, mengelilingi kota tua dengan berjalan di sore hari hingga petang. Start akan dari Jalan Kelenteng kemudian ke Jalan Batang Arau diteruskan ke jalan Pasa Batipuah. Di sana banyak bangunan tua yg menarik bagi dijelajahi. Jika memiliki sepedah tak ada salahnya sambil ngegoes. Cukup menyenangkan juga, lumayan bagi membakar kalori.

4. Kota Tua Padang Lokasi Berburu Foto

Kota Tua Padang yaitu kawasan heritage yg memiliki sejumlah bangunan tua dan menjadi saksi sejarah kolonialisme yg berkembang di Kota Padang. Pesona kota tua memang memikat, hampir di sudutnya terus menyimpan banyak kisah bagi selalu ditelusuri.

Menurut Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Batusangkar, rata-rata, bangunan di Kawasan Kota Tua Padang dibangun pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Arsitekturnya, bergaya eropa klasik, neo klasik, art deco geometric, modern, hingga art deco streamline.

Dengan adanya bangunan dengan nuansa klasik tersebut mampu menjadi sarana buat lokasi berburu foto. Menangkap sudut-sudut eksotisme Kota Padang tempo dulu. Biasanya dengan gaya ala urbex, street atau vintage. Karena pesonanya tidak jarang dijadikan latar pemotretan foto pra-wedding. Tentunya mulai keren dan memang instagenik sekali.

5. Cari Kuliner dan Tempat Nongkrong Asik di Kota Padang? Yuk ke Kota Tua.

Ternyata di sejumlah titik di kawasan Kota Tua Padang ini terdapat pusat kuliner dan menjadi tempat nongkrong yg seru buat berkumpul bersama teman atau keluarga. Di kawasan Jembatan Siti Nurbaya terdapat jajanan yg menarik bagi dicicipi merupakan jagung bakar dan pisang bakar keju.

Dekat Kelenteng See Hien Kiong menjadi tempat kongkow yg tidak jarang di padati oleh kaula muda sembari seruput Kopmil yg menjadi minuman khasnya. Tidak jauh ada Sweet Studio Cafe dan Weekend Cafe (baru). Jika di Jalan Batang Arau yg terkenal Karambia Cafe dan Bat and Arraw dengan banguan kolonialnya.

Kemudian beralih ke Jalan Niaga terdapat toko yg menjual oleh-oleh khas Minang, Keripik Balado Christin Hakim. Ada juga Safari Garden Cafe and Restaurant dan The Kaf Resto and Lounge yg cukup banyak pengunjungnya dan menjadi tempat nongkrong. Begitu juga di kawasan Tugu Gempa menjadi salah sesuatu pusat tempat berkumpul anak muda dan kuliner malam. Banyak pilihan menunya loh.

Beralih ke Jalan Pulau Karam ada kedai es durian yg cukup tua di Kota Padang dikenal dengan Es Durian Ganti Nan Lamo. Di kawasan Simpang Kinol juga mampu menjadi pilihan bagi berburu kuliner sebab terdapat puluhan pedagang kaki lima yg menjual berbagai menu makanan dan minuman.

Ada juga cafe yg menjadi tempat nongkrong merupakan Martabak Malabar, Bistro and Pool Padang dan KIOSK Coffe and Tea Shop. Termasuk Ayam Rica-Rica Mas Bagus. Ini menjadi rekomendasi bila ingin mencicipi kuliner yg enak dan duduk-duduk asik di kawasan Kota Tua Padang.

Karena berkelana ke Kota Tua Padang, bukan sekedar bernostalgia dengan cerita lampau yg berbau kolonialisme. Namun, terdapat sisi menarik lainnya yg mampu diungkap di tengah keberagaman sudut kota yg kian menua. Meski keberadaan Kota Tua Padang belum dipermak seperti kota tua di daerah lainnya, tapi terus memikat dan mengesankan. Yuk menjelajah di Kota Tua Padang!

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/16/110500/3381009/1025/5-hal-seru-yang-bisa-dilakukan-di-kota-tua-padang
Terima kasih sudah membaca berita 5 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Kota Tua Padang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "5 Hal Seru Yang Bisa Dilakukan Di Kota Tua Padang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.