5 Alasan Kamu Harus Liburan Ke Derawan

No comment 157 views

Berikut artikel 5 Alasan Kamu Harus Liburan ke Derawan, Semoga bermanfaat

Berau – Kepulauan Derawan di Kaltim pantas masuk dalam destinasi tercantik di Indonesia. Inilah 5 alasan, kamu harus tiba dan liburan ke sana!

Kepulauan Derawan bisa ditempuh dari Berau di Kaltim atau Tarakan di Kalimantan Utara (silakan baca rute selengkapnya di sini). Cukup jauh memang, tetapi pengalaman yg mulai kamu dapatkan di Kepulauan Derawan tidak mulai pernah terlupakan seumur hidup.

Disusun detikTravel, Rabu (1/6/2016) ini 5 alasan kamu harus liburan ke Kepulauan Derawan:

1. Laut yg bersih


(Fitra/Derawan paradise)

Kepulauan Derawan terdiri dari puluhan pulau, dengan 4 pulau besar, yakni Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki dan Kakaban. Perairan di sana pun masih sangat bersih!

Itu terbukti dari air lautnya yg biru jernih dan terumbu karang dengan beragam warna dan bentuk. Menyelam dan snorkeling di tiap pulaunya bisa.

“Laut di sini masih sangat bersih, mampu snorkeling dan diving di mana saja. Ikan-ikan segala macam sampai ikan manta sangat banyak, kaya terumbu karang dan jadi habitatnya penyu. Initinya, kalau banyak penyu berarti lautnya sehat,” papar Memed, pemandu lokal dari Derawan Paradise.

Waktu terbaik buat snorkeling adalah dari pukul 09.00 pagi sampai siang hari. Saat itulah matahari sedang bersinar terik dan membuat daya pandang di dalam air makin bagus. Ah, buktikanlah sendiri.


Penyu yg hidup di lautan kepulauan Derawan (Fitra/Derawan Paradise)

2.Pantai pasir putih

Tak cuma lautan saja, pantai-pantai di tiap pulau di Kepulauan Derawan pun eksotis dengan hamparan pasir putih. Konturnya yg landai pun bikin kalian dapat bersantai maksimal!

Pulau Derawan dan Pulau Maratua jadi yg paling spesial. Bukalah alas kaki dan rasakan pasirnya yg lembut. Jernihnya air pun menggoda buat dirasa, ceburkanlah diri dan berenanglah. Buang jauh-jauh persoalan kerjaan, tenangkan diri di pantai-pantai di Kepulauan Derawan.

Tiap pulau di Kepulauan Derawan pantainya berpasir putih (Afif/detikTravel)


Bersantai di pantai Pulau Derawan (Afif/detikTravel)

“Pantai di Kepulauan Derawan itu pasir putih dan landai. Enak bangetlah bagi bersantai,” ujar Memed.

3.Ubur-ubur tidak menyengat

Ada yg spesial di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan. Di pulau inilah terdapat Danau Kakaban yg yaitu habitat ubur-ubur tidak menyengat. Ubur-ubur yg langka dan unik, karena mampu kamu sentuh dan pegang!

“Ada 4 macam seperti ubur-ubur terbalik, ubur-transparan dan lain-lain. Semua boleh dipegang karena tak menyengat,” kata Memed.


Ubur-ubur tidak menyengat di Pulau Kakaban (Fitra/Derawan Paradise)

Saat berenang dan snorkeling di Danau Kakaban, ubur-ubur di sana pun mulai menghampiri kami seolah jinak. Peganglah pelan-pelan, secara halus. Yang harus diingat adalah, jangan mengangkatnya ke permukaan air.

Tahukah kamu, cuma ada beberapa danau di dunia yg milik ubur-ubur tidak menyengat. Pertama di Danau Kakaban ini, kedua di Danau Fith di Pulau Eil Malk, Palau. Palau adalah kepulauan Micronesia di Samudera Pasifik sana.

4. Laguna punya pribadi

“Kehe Daing adalah laguna yg artinya lubang ikan. Lokasinya ada di Pulau Kakaban, di bagian belakang dari Danau kakaban,” terang Memed.

Ya, jangan buru-buru meninggalkan Pulau Kakaban dulu. Laguna bernama Kehe Daing ini menanti kamu buat didatangi. Laguna yg airnya tawar dan saluran airnya masih terhubung dengan lautan ini, panoramanya hijau gradasi, memiliki papsir putih dan dikelilingi pepohonan bakau. Satu lagi, belum banyak yg tiba ke sini!


Inilah Kehe Daing (Afif/detikTravel)

“Tidak ada yg tinggal di sini, paling cuma dua nelayan yg mampir buat beristirahat. Benar-benar masih alami,” kata Memed.

Laguna ini seolah punya kalian sendiri.

5. Pulau Maratua kembarannya Maladewa

Pulau Maratua yaitu salah sesuatu pulau favorit traveler di Kepulauan Derawan. Pulau yg dikelilingi pantai pasir putih yg landai, deretan pohon kelapa, air lautnya seperti kristal dan sangat bening, serta banyak penyu.


Resor terapung di Maratua (Afif/detikTravel)

Bahkan tidak sedikit, traveler yg menyebut Pulau Maratua ini sebagai kembarannya Maladewa di Samudera Hindia sana. Tak percaya, silakan klik artikel ini karena para traveler Australia saja menyebutnya seperti itu.

“Sudah banyak yg bilang Pulau Maratua mirip kayak Maladewa. Mungkin karena laut dan pantainya, selalu juga ada penginapan terapung di sini,” ucap Memed.

Silakan berenang dan bertemu penyu di Pulau Maratua. Sungguh, Kepulauan Derawan sangat indah sekali!

(rdy/rdy)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/01/074133/3222413/1519/5-alasan-kamu-harus-liburan-ke-derawan
Terima kasih sudah membaca berita 5 Alasan Kamu Harus Liburan ke Derawan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "5 Alasan Kamu Harus Liburan Ke Derawan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.