4 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Liburan Ke Asia Tengah

No comment 144 views

Berikut artikel 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Liburan ke Asia Tengah, Semoga bermanfaat

Astana – Ngapain liburan ke Asia Tengah? Jangan salah, Asia Tengah menawarkan banyak pengalaman berkesan. Dari alam yg eksotis sampai bertemu wanita-wanita cantik.

Setidaknya terdapat 5 negara di Asia Tengah yakni Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan. Perlahan-lahan, Asia Tengah akan naik pamor karena dianggap sebagai wisata yg anti mainstream. Alam, budaya dan orang-orangnya bikin traveler penasaran ke sana.

Dirangkum detikTravel, kamis (27/10/2016) berikut 4 alasan kamu harus mencoba liburan ke Asia Tengah:

1. Lokasi di Jalur Sutra

(Thinkstock)(Thinkstock)

Di abad awal Masehi, para pedagang Asia memiliki jalur perdagangan yg sangat panjang. Jalur yg membentang sepanjang 7.000 km lebih, menghubungkan antara Asia belahan barat dan timur sampai ke Eropa. Jalur Sutra namanya.

Negara-negara Asia Tengah pun seolah menjadi jantung dari jalur tersebut. Beberapa kota di Asia Tengah sebut saja seperti Merv di Turkmenistan dan Samarkand di Uzbekistan, yaitu kota besar yg dulunya juga memegang peran utama dalam sejarah jalur sutra.

Saat itu, kedua kota ini adalah kota yg sangat maju. Terlihat dari peninggalan-peninggalannya sampai sekarang, dari masjid, istana dan pusat-pusat pembelajaran budaya. Menjelajahi Asia Tengah mulai membuat kamu kecanduan dalam cerita jalur sutra.

2. Banyak situs bersejarah

(Thinkstock)(Thinkstock)

Karena milik peranan utama dalam jalur sutra dan dilewati banyak pedagang dari berbagai negara, bangunan-bangunan bersejarah di Asia Tengah pun tidak terhitung banyaknya. Bukan hanya bangunan bersejarah saja, dua kota milik sejarah sendiri sampai-sampai dinobatkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Contohnya Kota Khiva di Uzbekistan, yg sejarahnya sebagai tempat lahirnya cabang matematika aljabar. Adalah Abu Abdalah Muhammad ibn Musa Al Khwarizm, seorang ilmuwan Persia yg lahir sekitar tahun 780 dengan karyanya yg berjudul Hisab Al Jabr Wal Muqabala menjadi yang berasal dari terciptanya aljabar.

Salah sesuatu cabang dari ilmu matematika yg dikenal luas. Atas jasanya dalam dunia pendidikan, Abu Abdalah dibuatkan sebuah patung yg bisa traveler temui di depan West Gate, Kota Khiva di Uzbekistan.

Masih di Khiva terdapat Itchan Kala. Di sekelilingnya dibangun tembok tinggi yg terbuat dari tanah merah. Di dalamnya traveker bisa melihat istana, masjid, hingga mausoleum, yg menampilkan keindahan arsitektur Islam yg dibangun pada masa Jalur Sutra dulu.

Rupanya tidak cuma masjid, banyak pula katedral yg penuh sejarah dengan gaya arsitektur kuno. Di Kazakhstan terdapat St Nicholas Cathedral dan Cathedral of the Blessed Virgin Mary of Fatima.

3. Wanita cantik dan pria ganteng

(altynbekova_20/Instagram)Foto: undefined
(altynbekova_20/Instagram)

Wanita Asia Tengah, terkenal cantik. Wanita-wanita dari Uzbeksitan dan Kazakhstan sendiri telah terkenal kecantikan. Seperti contoh atlet voli dari Kazakhstan yg bernama Sabina Altynbekova, kecantikannya bikin jatuh hati!

Wanita yg tinggal di Asia Tengah milik perawakan tubuh ramping, tinggi, rambut lurus, kulit putih dan hidung mancung. Beberapa pendapat mengatakan, rahasia kecantikan wanita-wanita Asia Tengah adalah karena keturunan dari berbagai etnis.

Maksudnya begini, wilayah Asia Tengah ditempati oleh orang-orang suku Uyghur dan Pusthun yg wilayahnya tak jauh-jauh amat, selain itu mereka juga hidupnya berpindah-pindah. Ras mereka bercampur menghasilkan pria ganteng dan wanita cantik.

4. Bentangan alam

(Thinkstock)(Thinkstock)

Asia Tengah rupanya diberkahi bentangan alam yg menakjubkan. Ada Gates to Hell di Turkmenistan yakni sebutan bagi lubang raksasa dengan api abadi di tanahnya yg besar dan tidak pernah padam. Inilah ‘pintu neraka’ yg paling terkenal di dunia!

The Valley of Balls dari Kazakhstan juga tidak kalah menakjubkan. Sesuai namanya, lembah ini memiliki bebatuan yg menyerupai bola dengan jumlah yg sangat banyak dan ukuran beragam. Usut milik usut, bentuk batu-batu di sana yg menyerupai bola masih menjadi misteri!

Masih di Kazakhstan, terdapat fenomena alam yg bikin geleng-geleng kepala. Fenomena dari gurun pasir Altyn Emel yg dapat bernyanyi. Bunyi yg dihasilkan oleh gurun pasir ini ternyata berasal dari gesekan yg terjadi antar butiran-butiran pasir yg ada di sana.

Butiran-butiran itu mampu bergesekan karena tertiup hembusan angin yg cukup kencang di kawasan gurun tersebut. Seolah sedang bernyanyi! Asia Tengah memang negeri penuh keajaiban. (aff/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/27/075500/3330402/1382/4-alasan-kenapa-kamu-harus-coba-liburan-ke-asia-tengah
Terima kasih sudah membaca berita 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Liburan ke Asia Tengah. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "4 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Liburan Ke Asia Tengah"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.