3 Tips Penting Mudik Naik Kereta Api

No comment 115 views

Berikut artikel 3 Tips Penting Mudik Naik Kereta Api, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Kereta api adalah salah sesuatu moda transportasi yg menawarkan perjalanan mudik yg bebas hambatan dan terjangkau buat masyarakat. Tak pelak, kemudahan-kemudahan itu menjadikan transportasi kereta api menjadi favorit masyarakat, khususnya daerah ibu kota Jakarta menuju kampung halaman.

Kualitas pelayanan dari PT KAI dari tahun ke tahun juga terbilang meningkat seperti pembatasan penjualan tiket kereta api sesuai dengan jumlah tempat duduk. Namun, bukan berarti ancaman oknum-oknum yg tidak bertanggung jawab sudah hilang.

Humas PT KAI Daerah Operasi (DAOP) 1 Bambang Setyo Prayitno memastikan calo tiket kereta api telah tak ada. Namun, persoalan lainnya justru muncul, yakni maraknya aksi penipuan di stasiun kereta api. 

“Sekarang model penipuannya banyak yg menjual tiket tak sesuai dengan identitas penumpang atau pemalsuan identitas,” ujar Bambang di Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Selain itu, tingginya animo pengguna jasa kereta api juga dapat merepotkan perjalanan, seperti penuhnya bagasi kereta api. Dirangkum KompasTravel, Bambang memberikan tips untuk pemudik yg mudik memakai kereta api.

Waspada penipuan tiket

Walaupun calo sudah dipastikan tidak ada, Bambang mengatakan, modus penipuan yg berjalan seperti sang penipu menjual tiket dengan identitas orang lain. Tiket tersebut nantinya dijual ke calon penumpang kereta api.

Biasanya, penjual mulai menyertakan identitas di tiket yg dijual bagi meloloskan pemeriksaan. Jika lolos dari pemeriksaan pertama atau boarding, jangan senang dahulu. 

Apabila ketahuan oleh petugas, penumpang masuk dengan identitas palsu. Menurut Bambang, baik penumpang maupun si penjual tiket mampu dikenakan sanksi hukum. Bambang mengatakan, kebanyakan masalah justru diketahui ketika di perjalanan, saat tempat duduk di kereta api diperebutkan oleh beberapa penumpang.

“Kalau ada penumpang yang lain yg naik dan kursi jadi ganda, penumpang yg berhak mulai tercatat di data manifes kami. Jadi jangan pernah beli di jasa tiket perorangan karena mulai merugikan penumpang itu sendiri,” saran Bambang. 

KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Penumpang naik kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (29/6/2016). Kepadatan penumpang akan terjadi di Stasiun Pasar Senen akan H-7 Lebaran.

Bagasi mudik

Euforia mudik dan bersemangat karena langsung bertemu keluarga dapat berujung bagasi barang yang overload alias melebihi kapasitas.

Bambang mengatakan, ada baiknya pengguna jasa kereta api memikirkan kenyamanan pengguna jasa lainnya yg juga memerlukan bagasi tempat penyimpanan barang. Pasalnya, bagasi yg tersedia ternyata memiliki batas tertentu bagi setiap penumpang.

Penumpang kereta api kini cuma diperbolehkan membawa barang dengan bobot maksimal 20 kilogram dengan volume maksimum 100 dm3 (dimensi 70 cm x 48 cm x 30 cm). Lebih dari itu, barang tidak diperbolehkan masuk atau harus ditempatkan di kereta bagasi sesuai dengan ketentuan pihak ketiga (pengelola kereta bagasi).  

Beli tiket secara resmi

Pihak PT KAI mengimbau kepada calon penumpang agar tak melakukan pembelian tiket melalui jasa-jasa perorangan karena dapat berakibat fatal atau tiket tak mampu digunakan karena palsu.
 
PT KAI tak bekerja sama dengan perorangan, tapi cuma bekerja sama dengan channel-channel resmi, seperti minimarket terkemuka, kantor pos, agen-agen, juga dapat mengunduh aplikasi KAI Access melalui handphone

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/04/081000027/3.tips.penting.mudik.naik.kereta.api
Terima kasih sudah membaca berita 3 Tips Penting Mudik Naik Kereta Api. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "3 Tips Penting Mudik Naik Kereta Api"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.