3 Tempat Di Indonesia Yang Punya Ubur-ubur Tak Menyengat

Derawan – Ubur-ubur tidak menyengat yg begitu ajaib dan langka mampu ditemukan di Indonesia. Paling tidak, ada 3 lokasi yg mampu didatangi bagi berenang bareng ubur-ubur ini.

Berenang bersama ubur-ubur mungkin terdengar menyeramkan karena kebanyakan hewan itu menyengat. Sengatannya pun perih seperti terkena api. Tapi seandainya ingin lebih dekat dengan ubur-ubur tanpa khawatir tersengat dapat juga lho!

Ada sekitar 3 destinasi di dalam negeri bagi bertemu dengan hewan unik ini dan berenang bebas bersama-sama. Dirangkum detikTravel, Kamis (26/5/2016), berikut 3 lokasi di Indonesia bagi berenang asyik bareng ubur-ubur tidak menyengat:

Menyentuh ubur-ubur tidak menyengat (Afif/detikTravel)

1. Kakaban, Kalimantan Timur

Di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur, ada Danau Kakaban yg begitu spesial. Danau itulah yg menjadi tempat tinggal ubur-ubur tidak menyengat. Lokasinya sekita 45 menit naik perahu dari Pulau Derawan.

Traveler mampu menemui 4 macam ubur-ubur tanpa sengat, misalnya ubur-ubur terbalik dan ubur-ubur transparan. Menurut pemandu wisata setempat, hewan unik tersebut aman didekati, kalau ingin coba menyentuhnya dengan lembut pun boleh. Yang utama jangan digenggam dan diangkat ke luar air.

(Khoirul Anwar Sulistyono/d’Traveler)

2. Togean, Sulawesi Tengah

Selain Kakaban, Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah juga milik ubur-ubur tidak menyengat. Lokasi berenang bareng ubur-ubur yg tidak berbahaya ini tak terlalu jauh dari Pulau Kadidiri.

Sama seperti di Kakaban, di Kepulauan Togean hewan tersebut juga tinggal di danau. Ubur-ubur di sini tampak hidup bebas dan berenang ke sana-sini. Warnanya kelihatan putih kecoklatan dan dapat dipegang pula.

(Teddy Setiawan/Youtube)

3. Misool, Papua Barat

Satu lagi tempat yg tidak kalah asyik bagi snorkeling bareng ubur-ubur adalah Misool, Raja Ampat. Selain memiliki pemandangan bawah laut dengan aneka ikan dan terumbu karang yg luar biasa, Misool pun memiliki danau air asin yg jadi rumah buat ubur-ubur tanpa sengat.

Tak cuma satu, tetapi ada sekitar 3 danau dengan ubur-ubur di Misool, seperti Lenmakana dan Karawapu. Wisatawan tinggal pilih saja ingin mendatangi danau yg mana.

Danau di Misool ini ada yg baru dapat dicapai setelah trekking. Jadi sebaiknya traveler menyiapkan stamina sebelum berangkat dan jangan lupa bawalah persediaan air minum.

Salah sesuatu danau dengan ubur-ubur tidak menyengat di Misool (Nugroho Arif Prabowo/The Nature Conservancy)

(krn/shf)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/05/26/145000/3218444/1519/3-tempat-di-indonesia-yang-punya-ubur-ubur-tak-menyengat
Terima kasih sudah membaca berita 3 Tempat di Indonesia yang Punya Ubur-ubur Tak Menyengat. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "3 Tempat Di Indonesia Yang Punya Ubur-ubur Tak Menyengat"