17 Agustus, Pengibaran Bendera Merah Putih Di Sungai Ciliwung

No comment 142 views

Berikut artikel 17 Agustus, Pengibaran Bendera Merah Putih di Sungai Ciliwung, Semoga bermanfaat

DEPOK, KOMPAS.com – Peringatan HUT Republik Indonesia identik dengan pengibaran bendera Merah Putih baik di sekolah atau kantor. Namun, di Depok ada acara pengibaran bendera Merah Putih yg berbeda.

Adalah Komunitas Ciliwung Depok yg mulai melakukan pengibaran bendera Merah Putih di tengah aliran Sungai Ciliwung di wilayah Kota Kembang, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat pada Rabu (17/8/2016).

Upacara pengibaran bendera di Sungai Ciliwung ini yaitu acara yg ketiga kalinya diselenggarakan sejak tahun 2014. Pembina Komunitas Ciliwung Depok, Taufik DS mengatakan, pengibaran bendera di Sungai Ciliwung ini mampu diikuti oleh masyarakat umum.

Ia mengatakan, acara ini juga mulai diikuti oleh relawan penggiat sungai, pelajar, mahasiswa, TNI, pegawai negeri sipil, dan masyarakat sekitar Sungai Ciliwung.

“Peserta yg ingin ikut tinggal tiba dan registrasi. Rencananya peserta upacara nanti di sempadan sungai tetapi nanti situasional melihat keadaan sungai,” kata Taufik kepada KompasTravel di Depok, Jawa Barat, Minggu (14/8/2016).

Taufik menyebutkan pelaksanaan pengibaran bendera mulai dikerjakan pada pukul 08.30 WIB. Pengibar bendera mulai diantarkan memakai perahu karet menuju tempat pengibaran bendera yakni di atas batu cadas Sungai Ciliwung.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Para peserta mengikuti upacara bendera di pinggir Sungai Ciliwung, Kota Kembang, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Senin (17/8/2015). Para peserta terdiri dari pelajar, mahasiswa, Pemerintah Kota Depok, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan aktivis penggiat sungai.

“Setelah acara pengibaran bendera, ada lomba atraksi permainan di sungai, body rafting, tubbing oleh masyarakat sekitar Ciliwung dan pengumpulan sampah di sekitar sungai. Kenapa milih di sungai? Karena ini adalah tempat kalian (Komunitas Ciliwung Depok) bergiat,” tambahnya.

Adapun lomba-lomba terkait 17 Agustus tersebut oleh masyarakat itu mulai dimulai pada pukul 11.00-16.00 WIB. Peserta dari masyarakat umum mampu melihat dan juga mendokumentasikan kegiatan tersebut.

“Harapannya dengan upacara bendera ini, sesuatu tindakan persuasif ini mampu bagi mengubah pandangan masyarakat bahwa sungai bukan buat tempat pembuangan sampah atau limbah,” ujar Taufik.

Untuk mengikuti acara pengibaran bendera ini, Anda dapat menuju kolong jembatan Grand Depok City. Pilihannya adalah naik kereta api listrik tujuan Bogor dahulu turun di Stasiun Depok dan melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum ke arah Grand Depok City.

Komunitas Ciliwung Depok adalah kumpulan relawan yg bergerak independen dengan dasar keresahan karena semakin meluasnya kerusakan di aliran Sungai Ciliwung bagian tengah. Kerusakan Sungai Ciliwung akibat alih fungsi sempadan, pengerukan empang dan setu, pembuangan limbah pabrik dan rumah potong ternak termasuk membuang sampah di sungai.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/15/120100727/17.Agustus.Pengibaran.Bendera.Merah.Putih.di.Sungai.Ciliwung
Terima kasih sudah membaca berita 17 Agustus, Pengibaran Bendera Merah Putih di Sungai Ciliwung. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "17 Agustus, Pengibaran Bendera Merah Putih Di Sungai Ciliwung"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.