10 Hal Yang Harus Anda Tahu Tentang Turbulensi Pesawat

No comment 110 views

Berikut artikel 10 Hal yang Harus Anda Tahu tentang Turbulensi Pesawat, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Turbulensi adalah perubahan kecepatan aliran udara yg menyebabkan goncangan pada tubuh pesawat, baik kecil maupun besar. Turbulensi pada dasarnya yaitu hal yg wajar. Hal pertama yg harus dikerjakan adalah tetap tenang  dan jangan panik.

KompasTravel menghimpun 10 hal yg perlu Anda ketahui tentang turbulensi. 

Awan penyebab guncangan

Seringkali kalian terkagum-kagum saat melihat awan ketika pesawat mengudara. Namun ternyata, awan yaitu salah sesuatu penyebab terjadinya turbulensi. Selain CAT (Clear Air Turbulence), awan adalah gambaran dari kondisi udara yg tak stabil. Salah sesuatu macam awan yg paling berbahaya adalah cumolonimbus.

Menurut Assiva Husman, pilot WNI yg pernah menjadi Captain Pilot pesawat B-777 Qatar Airways lewat emailnya kepada Kompas.com mengatakan, turbulensi dapat dikategorikan menjadi 2 merupakan turbulensi seputar awan dan turbulensi udara cerah.

Turbulensi udara cerah terjadi ketika langit benar-benar bersih dan tak berawan. Seperti yg dikutip dari cntraveler.com, turbulensi udara cerah lebih berbahaya karena awak kabin memiliki sedikit waktu buat memeringatkan penumpang.

Turbulensi udara cerah

Turbulensi udara cerah lebih ekstrem, sehingga Anda harus memersiapkan diri. Beberapa waktu ke depan, diperkirakan jumlah turbulensi udara cerah mulai semakin meningkat karena pemanasan global. Ada baiknya Anda tak terlalu kadang atau berlama-lama berdiri di pesawat. Jangan lupa bagi terus mengenakan sabuk pengaman.

Turbulensi bukan penyebab pesawat jatuh

Faktanya, banyak orang takut mulai turbulensi karena dianggap menjadi gejala pesawat jatuh. Padahal, pesawat telah dirancang bagi menghadapi guncangan-guncangan tersebut. Jadi tetaplah tenang di kursi, karena pesawat Anda mulai terus seimbang ketika mengalami turbulensi.

Serahkan pada pilot

Jangan terlampau panik ketika terjadi turbulensi, karena pilot telah tahu apa yg harus mereka lakukan. Sebelum melakukan penerbangan pun, biasanya pilot dan awak kabin telah melakukan perkiraan. Pilot mulai memilih rute penerbangan terbaik yg mulai dilalui lewat prakiraan cuaca dan lainnya.

Sabuk pengaman

Ketika terjadi turbulensi, pilot terus menyalakan tanda bagi memakai sabuk pengaman. Kembalilah ke kursi seandainya Anda sedang berada di gang, atau kembali dari toilet. Pasangkan sabuk pengaman dan tetaplah tenang. Turbulensi sering menyebabkan cidera penumpang, terutama ketika pesawat terguncang terlalu kencang.

Turbulensi tak berbahaya

Pada dasarnya, pesawat telah dirancang buat mampu menghadapi goncangan besar seperti angin kencang dan badai. Turbulensi adalah hal yg biasa terjadi dalam dunia penerbangan. 

Penanganan pilot

Pilot yg baik adalah mereka yg menangani turbulensi dengan santai dan tanggap. Sebetulnya pilot telah mengetahui keadaan cuaca lewat alat pendeteksi khusus. Namun, pilot harus tetap menenangkan penumpang dan bekerja dengan profesional.

Kursi khusus bayi

Jika Anda traveling membawa bayi, jangan sungkan meminta kursi dan sabuk pengaman khusus bayi kepada pramugari. Ini sangat penting, karena biasanya Anda membawa bayi di pangkuan sehingga besar kemungkinan si bayi mulai jatuh saat turbulensi parah.

Akan ada teknologi buat turbulensi

Para insinyur sedang mengembangkan alat yg dapat menolong pesawat menghindari turbulensi. Ketika alat ini nantinya rampung dan digunakan oleh pesawat, berkurang sesuatu lagi kekhawatiran Anda buat memakai moda transportasi udara saat traveling.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/22/071500027/10.hal.yang.harus.anda.tahu.tentang.turbulensi.pesawat
Terima kasih sudah membaca berita 10 Hal yang Harus Anda Tahu tentang Turbulensi Pesawat. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "10 Hal Yang Harus Anda Tahu Tentang Turbulensi Pesawat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.