Waspadai Serangan Pneumonia Pada Bayi!

No comment 103 views

Berikut artikel Waspadai serangan pneumonia pada bayi!, Semoga bermanfaat

Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar persoalan kesehatan. Dalam proyek ini, kita bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yg mulai memberi jawaban atas pertanyaan yg disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah sesuatu pertanyaan yg telah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan
Pneumonia pada bayi dapat sembuh total tak ya dok? (Yuli Yani)

Jawaban
Pneumonia adalah infeksi yg menyebabkan paru-paru meradang. Kantong-kantong udara dalam paru yg disebut alveoli dipenuhi nanah dan cairan sehingga kemampuan menyerap oksigen menjadi kurang. Kekurangan oksigen membuat sel-sel tubuh tak dapat bekerja.

Terjadinya pneumonia pada anak seringkali bersamaan dengan proses infeksi akut pada bronkus (biasa disebut bronchopneumonia). Gejala penyakit ini berupa napas cepat dan napas sesak, karena paru meradang secara mendadak. Batas napas cepat adalah frekuensi pernapasan sebanyak 50 kali per menit atau lebih pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 1 tahun, dan 40 kali per menit atau lebih pada anak usia 1 tahun sampai kurang dari 5 tahun. Pada anak dibawah usia 2 bulan, tak dikenal diagnosis pneumonia.

Pneumonia berat ditandai dengan adanya batuk atau (juga disertai) kesukaran bernapas, napas sesak atau penarikan dinding dada sebelah bawah ke dalam pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 5 tahun. Pada kelompok usia ini dikenal juga pneumonia sangat berat dengan gejala batuk, kesukaran bernapas disertai gejala sianosis sentral dan tak bisa minum. Sementara bagi anak dibawah 2 bulan, pneumonia berat ditandai dengan frekuensi pernapasan sebanyak 60 kali per menit atau lebih atau (juga disertai) penarikan kuat pada dinding dada sebelah bawah ke dalam.

Infeksi pneumonia patut diwaspadai sebab bisa menyebabkan kematian pada Anak. Kenali gejala dan tanda adanya pneumonia dan langsung membawa Anak Anda ke fasilitas kesehatan terdekat. Dengan penanganan yg cepat dan tepat, pneumonia mampu disembuhkan.

Dijawab oleh dr. Jezy

Minggu depan merdeka.com mengusung tema seputar Kesehatan Umum. Punya pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Anda ke support@merdeka.com. Jangan lupa sertakan alamat akun media sosial Anda juga yah.
Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/waspadai-serangan-pneumonia-pada-bayi.html
Terima kasih sudah membaca berita Waspadai serangan pneumonia pada bayi!. Silahkan baca berita lain tentang Kesehatan lainnya.

Tags:

Leave a reply "Waspadai Serangan Pneumonia Pada Bayi!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.