Tumor Pembuluh Darah Pada Anak, Kenali Apa Dan Penyebabnya

Berikut artikel Tumor pembuluh darah pada anak, kenali apa dan penyebabnya, Semoga bermanfaat

Kasus kelainan pembuluh darah pada anak belakangan ini banyak bermunculan, salah satunya adalah hemangioma. Apakah itu hemangioma? Hemangioma yaitu kelainan pembuluh darah berupa tumor pembuluh darah.

Hemangioma berasal dari endotel atau dinding pembuluh darah. Ada dua faktor yg bisa membuat anak menjadi lebih berisiko mengalami Hemangioma, merupakan perempuan, lahir prematur, lahir dengan berat badan lahir rendah dan memiliki kulit yg cerah.

Hemangioma paling tidak jarang dijumpai pada anak anak yg usianya mendekati sesuatu tahun. Tumor macam ini memang jinak dan tak mengancam nyawa, namun berdampak pada psikologis anak tersebut.

Gambaran klinis yg timbul pada hemangioma bervariasi pada setiap anak. Tanda paling awal kemunculan hemangioma merupakan timbul warna keunguan atau lilac pada kulit. Hemangioma dapat muncul dalam berbagai bentuk, dapat keras, lentur dan mampu juga muncul sebagai suatu massa di bawah kulit yg berwarna biru atau keunguan, tanpa ada bagian yg menonjol ke permukaaan.

Menurut Childrens Craniofacial Association, sampai ketika ini perjalanan penyakit Hemangioma masih belum diketahui secara pasti. Namun, perlu Anda ketahui bahwa hemangioma tak muncul saat bayi baru lahir, melainkan muncul pada ketika usia 2 pekan setelah kelahiran. Bagian tubuh yg paling tidak jarang timbul hemangioma merupakan area wajah dan leher. Hemangioma biasanya akan kembali berkembang pada usia enam sampai 12 bulan setelah kelahiran dan akan menyusut dan berhenti berkembang. Sebagian besar Hemangioma menyusut sangat lambat sekitar lima sampai tujuh tahun.

Sebagian besar hemangioma mengalami involusi spontan sehingga tak memerlukan pengobatan. Tanda dari suatu involusi pada hemangioma merupakan terjadinya perubahan warna hemangioma dari biru atau keunguan menjadi keabu-abuan disertai penyusutan ukuran.

Bagaimana dengan penanganannya? Penanganan hemangioma tergantung dari keadaan klinis anak tersebut. Beberapa masalah tak memerlukan penanganan. Tapi pada kasustertentu, diperlukan terapi/pengobatan yg bersifat sistemik. Terapi dengan corticosteroid masih yaitu terapi pilihan utama.Tindakan pembedahan mungkin perlu dikerjakan bila injeksi atau suntikan corticosteroid tak begitu efektif pada anak tersebut karena reaksi setiap anak pada pengobatan mampu berbeda-beda. (dr. Rahajeng A.P)
Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/tumor-pembuluh-darah-pada-anak-kenali-apa-dan-penyebabnya.html
Terima kasih sudah membaca berita Tumor pembuluh darah pada anak, kenali apa dan penyebabnya. Silahkan baca berita lain tentang Kesehatan lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tumor Pembuluh Darah Pada Anak, Kenali Apa Dan Penyebabnya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.