Puasa Bikin Tubuh Tenang Lahir Dan Batin? Ini 7 Buktinya

No comment 124 views

Berikut artikel Puasa bikin tubuh tenang lahir dan batin? Ini 7 buktinya, Semoga bermanfaat

Di bulan Ramadan ini, tentu segala umat muslim dunia melaksanakan puasa. Selain bermanfaat buat kesehatan tubuh, puasa juga sangat bermanfaat buat kesehatan mental dan emosional seseorang.

Ketika Anda lapar, tubuh melepaskan dua bahan kimia buat melindungi otak, sehingga mampu meningkatkan mood seseorang. Berikut dua manfaat psikologis puasa di bulan Ramadan, seperti di lansir dari boldsky.com.

Damai
Minggu pertama puasa Ramadan, Anda mampu merasakan perubahan dalam pikiran. Pikiran mulai menjadi tenang, damai, dan lebih bahagia. Pada pekan pertama ini, tubuh akan beradaptasi dengan melepaskan hormon dan bahan kimia, seperti adrenalin, dopamin, dan hormon steroid.

Mengurangi rasa cemas dan depresi
Sebuah penelitian memamerkan bahwa puasa mengurangi gejala depresi dan kecemasan setelah dua hari puasa berturut-turut. Puasa di bulan Ramadan, melepaskan endorfin lebih banyak di otak yg membuat Anda bahagia dan gembira. Ada efek gabungan dari iman seseorang saat Ramadan dan puasa yg menolong mengobati depresi.

Meningkatkan kualitas tidur
Penelitian sudah memperlihatkan bahwa puasa mampu membuat tidur seseorang menjadi lebih baik, tanpa tiba-tiba terbangun di tengah malam. Setelah seminggu puasa, kualitas tidur mulai meningkat. Kualitas tidur yg baik mampu menyebabkan suasana hati yg lebih baik juga.

Mengurangi sakit kepala atau migrain
Banyak peneliti menemukan bahwa puasa meningkatkan serotonin yg tersedia di otak, sehingga Anda bahagia, santai, dan mencegah migrain.

Perubahan positif dalam otak
Kualitas iman, doa, dan kegiatan agama Anda di bulan Ramadan bisa menjadi perubahan positif di dalam otak. Bagian dari otak bahwa selama kegiatan keagamaan, merangsang korteks prefrontal otak buat menentukan kepribadian Anda, ekspresi, pengambil keputusan, dan fungsi kognitif.

Mengurangi rasa takut dan agresif
Ada bagian otak yg memonitor lingkungan dari ancaman dan bahaya, sehingga mampu meredakan ketakutan dan kemarahan.

Pikiran yg penuh cinta dan kasih
Kegiatan selama Ramadan membuat perasaan tenang, damai, penuh cinta, dan suka cita. Puasa mampu menghambat neurotransmitter yg dilepaskan otak bagi memamerkan efek emosional.

Begitu banyak manfaat puasa Ramadan, baik bagi kesehatan maupun mental. Maka dari itu, usahakan terus puasa dan tetap menjaga kesehatan ya!Baca juga:
Ketahui 4 keajaiban sholat buat kesehatan tubuh!
Tips mengatasi ngantuk ketika berpuasa
Ingin tetap semangat kerja meskipun sedang puasa? Ini 8 kuncinya

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/puasa-bikin-tubuh-tenang-lahir-dan-batin-ini-7-buktinya.html
Terima kasih sudah membaca berita Puasa bikin tubuh tenang lahir dan batin? Ini 7 buktinya. Silahkan baca berita lain tentang Kesehatan lainnya.

Tags:

Leave a reply "Puasa Bikin Tubuh Tenang Lahir Dan Batin? Ini 7 Buktinya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.