Mengapa Logo Apotek Adalah Mangkuk Dan Ular?

No comment 117 views

Berikut artikel Mengapa logo apotek adalah mangkuk dan ular?, Semoga bermanfaat

Karena kalau mangkuk dan gajah, mangkuknya pasti pecah!

Itulah plesetan dari jawaban pertanyaan sebagian besar masyarakat. Tentu saja itu bukan jawaban yg sebenarnya. Tidak banyak orang yg mampu menjawabnya seandainya memang tak mengerti sejarah di balik penetapan logo tersebut. Nah, di sinilah kalian mulai membahas itu.

Pada dasarnya, ular yg terdapat pada logo apotek di segala dunia adalah ular punya Aesculapius atau Asclepius, seorang dewa yg dikenal sebagai dewa pengobatan dan penyembuh dalam mitologi Yunani. Nah, Aesculapius memiliki hewan peliharaan berupa ular yg sangat setia. Masyrakat Yunani ketika itu sangat yakin bahwa ular tersebut mendapat ilham bagi menyembuhkan.

Saat itulah, ular punya Aesculapius dilambangkan sebagai penawar atau penyembuh semua jenis penyakit. Namun dulu, lambah dunia kesehatan digambarkan ular yg melilit tongkat. Yang mana tongkat tersebut adalah punya Aesculapius. Akan tetapi, setelah Aesculapius meninggal, lambang tersebut berubah menjadi ular yg melilit sebuah mangkuk.

Lho kok mangkuk?Ya, mangkuk tersebut adalah miliki Hygeia, salah sesuatu anak perempuan dari Aesculapius. Entah mengapa, Hygeia dipilih sebagai penerus Aesculapius dibanding 4 putri lainnya, merupakan Iaso (Recuperation), Aceso (Recovery), Aglaea (Healthy Glow), dan Panacea (Universal Remedy). Hygeia digambarkan sebagai orang yg dewi kesehatan, kebersihan, dan sanitasi. Mungkin itulah mengapa kami sekarang mengenal kata ‘higienis’ dengan makna yg bersih. Besar kemungkinan kata tersebut berasal dari nama Hygeia.

Yang perlu diluruskan di sini adalah logo apotek itu sebenarnya adalah mangkuk dan ular. Bukan gelas dan ular. Pasalnya banyak sekali apotek di sekitar kami yg memakai gambar gelas.

Logo mangkuk yg dililit ular sejak ketika itu sudah menjadi Logo Apotek dan symbol dari banyak perkumpulan apoteker di segala dunia. Mangkuk Hygeia yaitu lambang Asosiasi Apoteker Amerika, Asosiasi Apoteker Kanada, Masyarakat Apoteker Australia, dan banyak asosiasi apoteker lainnya di semua dunia.

Begitulah penjelasannya, semoga bermanfaat.

*dikutip dari berbagai sumber.Baca juga:
Mengapa Minggu adalah hari libur? Ini alasannya!
Mengapa angka 13 dianggap pembawa sial?
Awas, ini 5 bahaya duduk menyilangkan kaki!

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/mengapa-logo-apotek-adalah-mangkuk-dan-ular.html
Terima kasih sudah membaca berita Mengapa logo apotek adalah mangkuk dan ular?. Silahkan baca berita lain tentang Kesehatan lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mengapa Logo Apotek Adalah Mangkuk Dan Ular?"