Benarkah Sabun Anti Bakteri Membahayakan Kesehatan?

No comment 70 views

Berikut artikel Benarkah sabun anti bakteri membahayakan kesehatan?, Semoga bermanfaat

Kita tidak jarang mengandalkan sabun antibakteri bagi mencuci tangan dan mandi. Tetapi, baru-baru ini Food and Drug Administration menganjurkan kami bagi menjauhinya.

Tidak cuma karena konsumen tak perlu memakai sabun antibakteri, alasan mengapa FDA melarang penggunaan triclosan dan bahan-bahan lainnya, juga karena bahan-bahan ini diduga berpotensi bahaya. Pada tanggal 2 September, FDA mengeluarkan aturan yg melarang 19 bahan kimia tertentu digunakan di dalam sabun cair dan padat, triclosan (umumnya digunakan dalam sabun cair) dan triclocarban (digunakan dalam sabun batangan). FDA menyampaikan produsen tak bisa memperlihatkan bahwa produk yg mengandung bahan tersebut, lebih efektif dibanding sabun biasa dan air dalam mencegah penyakit atau menghentikan penyebaran infeksi tertentu. Selain itu, ada dua bukti bahwa bahan-bahan itu dapat menyebabkan persoalan seperti resistensi bakteri atau efek hormonal, demikian menurut FDA lagi.

“Konsumen mungkin berpikir sabun antibakteri lebih efektif dalam mencegah penyebaran kuman, tetapi kalian tak memiliki bukti ilmiah bahwa mereka memang lebih baik daripada sabun biasa dan air,” kata Janet Woodcock, MD, direktur Center for Drug Evaluation and Research di FDA. “Bahkan, dua data memperlihatkan bahwa bahan-bahan antibakteri mungkin lebih memberikan mudarat atau bahaya dibanding manfaat seandainya digunakan dalam waktu yg lama.”

Produsen memiliki sesuatu tahun bagi menghapus bahan-bahan tersebut dari produk mereka atau mengambil produk dari pasar. Aturan ini tak berlaku bagi pembersih tangan atau tisu, atau produk antibakteri yg digunakan dalam perawatan kesehatan atau medis.

FDA mendorong orang buat memakai sabun biasa dan air sebagai gantinya.

“Cuci tangan dengan cara yg sederhana adalah salah sesuatu cara yg paling efektif buat mencegah penyebaran berbagai macam infeksi dan penyakit di rumah, di sekolah dan di tempat lain,” kata Michele. “Cucilah tangan dengan sabun biasa. Ini hal yg gampang dan benar-benar efektif.”
Ditinjau oleh: dr. Adnan YusufBaca juga:
Tumor pembuluh darah pada anak, kenali apa dan penyebabnya
Hati-hati, 10 produk rumah tangga ini sanggup sebarkan racun!
Benarkah jadi ayah bikin pria semakin gemuk?

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/benarkah-sabun-anti-bakteri-membahayakan-kesehatan.html
Terima kasih sudah membaca berita Benarkah sabun anti bakteri membahayakan kesehatan?. Silahkan baca berita lain tentang Kesehatan lainnya.

Tags:

Leave a reply "Benarkah Sabun Anti Bakteri Membahayakan Kesehatan?"