Anak Terlambat Puber, Jangan Panik! Ini Penyebabnya

No comment 109 views

Berikut artikel Anak terlambat puber, jangan panik! Ini penyebabnya, Semoga bermanfaat

Ketika anak-anak yang lain di lingkungan Anda akan mengalami pubertas dan anak Anda tak memamerkan hal apapun, mungkin Anda mulai khawatir. Ya, itu adalah kekhawatiran yg wajar.

Laki-laki mulai mengalami pertumbuhan yg pesat pada posturnya, atau suara yg makin berat. Sementara wanita ditandai dengan menstruasi ketika puber.

Pada dua anak, pubertas tiba di waktu yg tepat. Namun tidak sedikit pula yg terlambat puber. Anda selaku orang tua tidak perlu panik. Berikan saja dukungan pada anak Anda bahwa dia mulai secepatnya seperti teman-temannya yg lain.

Sebenarnya ada dua faktor yg menyebabkan anak terlambat puber, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Alasan di balik pubertas yg tertunda dapat disebabkan oleh genetik. Jika Anda sudah menunda pubertas ketika remaja, maka itu dapat menurun kepada anak Anda.2. Obesitas mampu menjadi alasan di balik puber yg terlambat. Jika anak Anda memiliki kelebihan berat badan, ambil tindakan buat melakukan diet secukupnya.

3. Umumnya puber pada anak laki-laki dapat terlambat. Anda tak perlu panik. Biasanya mulai tiba di usia 9 tahun, namun ada juga yg baru terjadi di akhir usia 15 tahun.Untuk anak-anak remaja, puber terlambat mampu di atas oleh dokter spesialis kesehatan. Umumnya mereka memakai suntikan testosteron. Namun hal ini jarang terjadi. Bisa saja menjadi solusi terakhir seandainya telah lewat dari usia 15 tahun.Baca juga:
Lever berlemak, ancaman remaja obesitas di masa tua
Aduh, keseringan selfie bikin kulit jadi keriput!
Apakah bahayanya seandainya seorang remaja terkena diabetes?
Orang tua wajib tahu, ini 5 hal utama tentang tidur si kecil
Ternyata kini semakin banyak remaja yg jaga keperawanannya

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/anak-terlambat-puber-jangan-panik-ini-penyebabnya.html
Terima kasih sudah membaca berita Anak terlambat puber, jangan panik! Ini penyebabnya. Silahkan baca berita lain tentang Kesehatan lainnya.

Tags:

Leave a reply "Anak Terlambat Puber, Jangan Panik! Ini Penyebabnya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.