Amankah Memelihara Kucing Saat Sedang Hamil?

No comment 107 views

Berikut artikel Amankah memelihara kucing saat sedang hamil?, Semoga bermanfaat

Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar persoalan kesehatan. Dalam proyek ini, kalian bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yg mulai memberi jawaban atas pertanyaan yg disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah sesuatu pertanyaan yg telah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan
Selamat pagi dokter. Bagaimana kalau dengan memelihara kucing? Saya sekarang sedang hamil 9 pekan dan di rumah aku banyak sekali kucing karena aku senang sekali memelihara kucing. Kira2 kucing berbahaya tak bagi bumil? Terima kasih dokter. (Dhedhex Manis)

Jawaban
Toxoplasmosis disebabkan oleh suatu parasit yg disebut Toxoplasma gondii yg terdapat di kotoran kucing yg telah terinfeksi, dan sangat mungkin kotoran kucing tertinggal pada bulu kucing tersebut. Manusia dapat terinfeksi akibat kontak dengan kucing yg terinfeksi atau kontak dengan tanah yg mengandung kotoran kucing yg terinfeksi, atau konsumsi daging atau sayuran yg mentah atau setengah matang yg kemungkinan kontak dengan tanah yg mengandung kotoran kucing, atau minum air yg terkontaminasi. Sekali terinfeksi, maka parasit toxoplasma mulai ada dalam tubuh manusia seumur hidupnya.

Pada orang yg sehat, toxoplasmosis biasanya tak menimbulkan gejala, tapi mampu saja timbul demam tinggi, atau pembesaran kelenjar getah bening. Pada ibu hamil, mampu memperbesar kemungkinan keguguran, lahir mati, gangguan pendengaran pada bayi, kerusakan otak pada bayi, atau rusaknya penglihatan pada bayi.

Sehingga ada baiknya selama anda sedang hamil buat menjaga jarak dengan hewan berbulu seperti kucing dan lakukanlah kontrol ke dokter kandungan secara rutin.

Dijawab oleh dr. Deffy

Minggu depan merdeka.com mengusung tema seputar Kesehatan Umum. Punya pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Anda ke support@merdeka.com. Jangan lupa sertakan alamat akun media sosial Anda juga yah.
Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/amankah-memelihara-kucing-saat-sedang-hamil.html
Terima kasih sudah membaca berita Amankah memelihara kucing saat sedang hamil?. Silahkan baca berita lain tentang Kesehatan lainnya.

Tags:

Leave a reply "Amankah Memelihara Kucing Saat Sedang Hamil?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.