Alergi Air: Mengenal Gejala Hingga Perawatan Yang Tepat

No comment 169 views

Berikut artikel Alergi air: mengenal gejala hingga perawatan yang tepat, Semoga bermanfaat

Mau Diskon Rp 250,000? Beli tiket pesawat-nya di Pergi.com Dari segala macam alergi yg kamu kenal, mungkin alergi air terdengar yg paling unik dan bikin penasaran. Well, meskipun terdengar aneh, alergi air benar adanya. Dilansir dari medicaldaily.com, alergi air yg memiliki nama ilmiah aquagenic urticaria membuat penderitanya mengalami gatal-gatal setelah mengalami kontak segera dengan air, berapapun suhunya. Sekitar 30%-40% orang di dunia menderita alergi ini.

Gejala
Bagi mereka yg menderita alergi air, gatal-gatal adalah reaksi pertama yg muncul setelah mereka kontak segera dengan air entah itu ketika mandi, kehujanan, berkeringat ekstrim, hingga menangis. Bintik-bintik gatal ini mulai muncul di leher, tubuh bagian atas, dan lengan. Biasanya rasa gatal mulai hilang dalam waktu 30-60 menit setelah pengeringan tubuh dari hari.

Dalam masalah yg sangat parah, alergi air juga mulai muncul ketika penderitanya minum dengan air putih. Dikutip dari The Daily Mail, seorang gadis muda yg menderita alergi air bahkan cuma mampu mentolerir minum soda, teh, dan jus buah karena tenggorokannya melepuh ketika minum air biasa.

Penyebab
Hingga ketika ini belum ada penyebab yg pasti dari alergi air. Namun dua ilmuwan menemukan bahwa kelainan genetik khususnya pada kromosom 2q21 membuat orang menderita alergi air. Kondisi ini mulai muncul biasanya setelah seseorang melewati fase pubertas.

Pengobatan
Sebenarnya, pengobatan bagi penderita alergi air masih terbatas merupakan konsumsi antihistamin dan steroid. Selain itu, perawatan yg melibatkan sinar matahari dan penggunaan krim sebagai ‘penghalang’ antara kulit dan air ketika terjadi kontak segera juga dapat membantu.

Jadi, kamu gampang merasa gatal setelah kontak segera dengan air? Ada kemungkinan kamu menderita alergi air.Baca juga:
Mari sembuhkan fobia dengan tidur!
Benarkah nyamuk lebih ganas di malam hari?
Membaca dengan lampu redup mulai merusak mata, benarkah?
Beras merah vs beras cokelat, mana paling cepat bagi bikin kurus?

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/alergi-air-mengenal-gejala-hingga-perawatan-yang-tepat.html
Terima kasih sudah membaca berita Alergi air: mengenal gejala hingga perawatan yang tepat. Silahkan baca berita lain tentang Kesehatan lainnya.

Tags:

Leave a reply "Alergi Air: Mengenal Gejala Hingga Perawatan Yang Tepat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.