5 Fakta Tentang Virus Zika Yang Wajib Untuk Kamu Ketahui

No comment 90 views

Berikut artikel 5 Fakta tentang virus Zika yang wajib untuk kamu ketahui, Semoga bermanfaat

Indonesia ketika ini mampu dikatakan berstatus waspada terhadap serangan virus Zika. Sebab virus yg mematikan ini telah sampai di Singapura dan ada dua orang Indoesia yg terinfeksi virus Zika.

Tak cuma membahayakan, virus Zika juga sangat mengancam kesehatan ibu hamil dan janin yg dikandungnya. Sebab virus Zika bisa membuat tumbuh kembang organ janin menjadi tak maksimal. Nah, agar kamu memiliki perhatian yg lebih dengan virus ini maka sebaiknya kamu mengetahui dua fakta utama tentang virus Zika seperti di bawah ini.

Virus Zika disebarkan oleh gigitan nyamuk
Fakta penting yg harus kamu ketahui tentang virus Zika adalah virus ini disebarkan oleh nyamuk Aedes.

Virus Zika dapat menyebar lewat hubungan seks
Ketika seseorang terkena virus zika dan berhubungan seks dengan orang sehat lainnya tanpa memakai kondom, maka virus ini mampu menular.

Demam, gejala awal virus Zika
Selain demam, dua gejala awal dari virus Zika adalah sakit kepala, nyeri sendi, munculnya ruam di tubuh, nyeri otot, hingga konjungtivitis, Semua gejala ini mulai berlangsung selama 2-7 hari. Oleh karena itu seandainya kamu merasakan hal di atas pada tubuhmu, maka sebaiknya periksakan kesehatan tubuhmu.

Belum ada vaksin virus Zika hingga ketika ini
Hingga ketika ini, para peneliti kesehatan masih bekerja keras bagi menemukan vaksin guna menyembuhkan virus Zika.

Ibu hamil dan janin berisiko tinggi terkena virus Zika
Seperti dijelaskan di atas, para ibu hamil dan janin berisiko tinggi buat terkena virus Zika. Dampak dari virus Zika ini dapat menyebabkan bayi lahir dengan kondisi microcephali atau lahir dengan kepala kecil, menyebabkan keterbelakangan mental, serta keterlambatan buat bicara.

Virus Zika sendiri awalnya berasal dari Afrika pada tahun 1947 di hutan yg bernama Zika, di daerah Uganda. Di tahun 1951-1981, virus ini akan menginvasi di semua Asia dan Afrika. Lalu pada tahun 2007, sekitar 73% dari total penduduk Polinesia terinfeksi virus ini. Kemudian di tahun 2014, virus ini buat pertama kalinya menguasai Amerika Latin.

Well, virus Zika memang menakutkan. Namun kamu mampu mencegah dirimu agar tak terkena virus ini dengan cara terus membersihkan area yg berisiko tinggi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk seperti kolam renang, pot tanaman, atau bak mandi.Baca juga:
Ini daerah-daerah di Singapura yg terdampak virus Zika
Ketika obat nyamuk jadi kebutuhan penting warga Singapura
Satu WNI positif terjangkit Zika di Singapura
DPR minta ‘travel advisory’ berlaku hingga Singapura aman dari Zika

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/5-fakta-tentang-virus-zika-yang-wajib-untuk-kamu-ketahui.html
Terima kasih sudah membaca berita 5 Fakta tentang virus Zika yang wajib untuk kamu ketahui. Silahkan baca berita lain tentang Kesehatan lainnya.

Tags:

Leave a reply "5 Fakta Tentang Virus Zika Yang Wajib Untuk Kamu Ketahui"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.