XL: Sepanjang Tahun Kami Bangun Jaringan FO

No comment 117 views

Berikut artikel XL: Sepanjang tahun kami bangun jaringan FO, Semoga bermanfaat

XL mengklaim selalu membangun jaringan fiber optik (FO) di berbagai daerah. Hingga tahun 2016 ini, proyek pembangunan fiber optik ratusan kilometer masih selalu dilakukan di berbagai wilayah, termasuk di luar Jawa. Antara yang lain adalah FO buat backbone di Kalimantan sejauh sekitar 900 km, antara Banjarmasin Balikpapan.

“Sepanjang tahun, kita selalu membangun jaringan FO di berbagai wilayah layanan XL. Tak pernah XL tak membangun FO baru. Dari Capex tahunan, lebih dari setengah kita alokasikan bagi mendukung pengembangan jaringan termasuk pembangunan jaringan fiber optik,” ujar Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya.Menurut Yessie, meskipun mampu saja menyewa, namun tak seluruh kebutuhan atas jaringan FO mampu diperoleh dengan menyewa. Pada 2016 ini, proyek pembangunan yg masih berjalan antara yang lain berlangsung di Kalimantan bagi jaringan backbone sepanjang 900 km, dan Hut Fiberisasi atau ekspansi FO backbone di Jawa 170 km. Juga masih berlangsung pembangunan FO bagi jaringan LTE di Jawa 153 km, Sumatera 37 km, serta di Bali-Lombok-Sumbawa, Sulawesi, dan Kalimantan. Lalu ada juga pembangunan FO join construction 130 km di Kalimantan. Selain itu, juga ada pembangunan bagi keperluan modernisasi jaringan FO yg sudah berusia belasan tahun, sepanjang kurang lebih 200 km di Jawa.Sementara itu, FO yg paling baru peroperasi antara yang lain berupa FO backbone di Kalimantan sepanjang 846 km dan Bali 161 km. Selain itu juga FO bagi keperluan layanan LTE di 13 kota LTE, merupakan Madura, Mataram, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Palembang, Batam, Manado, dan Banjarmasin, serta di Jawa, merupakan Tegal, Cirebon, Purwakarta, Pekalongan.”Hingga ketika ini, total panjang FO yg dimiliki sekitar 40 ribu km. Sekitar 12 persen di antaranya yaitu FO yg berada di bawah laut. Proyek yg masih berjalan tahun ini antara yang lain ada di wilayah Sumatera, Kalimantan, Bali-Lombok-Sumbawa, Sulawesi, dan Jawa,” terangnya dalam informasi resmi, Jumat (12/08).Secara teknis, fungsi dari FO dalam korelasinya dengan layanan kepada pelanggan adalah sebagai jaringan penting backbone. Jaringan FO berfungsi membawa trafik berkapasitas besar dalam kecepatan tinggi. Jarinngan ini mampu di-upgrade sesuai dengan perkembangan teknologi, tanpa gangguan interferensi radio.Meski demikian, diakuinya juga memerlukan menyewa jaringan FO dari pihak yang lain dengan pertimbangan antara yang lain efisiensi biaya, proteksi buat meningkatkan kinerja, serta reliabilitas sebagai jalur. Sampai ketika ini, FO yg disewa XL dari pihak yang lain tersebar di sejumlah wilayah. Total panjang FO dengan model saling sewa dan membangun bersama adalah kira-kira 10 persen dari total panjang FO XL.Di sejumlah wilayah, jaringan FO XL mendominasi dibandingkan jaringan punya operator lain. Wilayah tersebut antara yang lain Bangka, Belitung, Madura, Bali, dan Lombok. Jaringan FO punya XL juga menjangkau wilayah perbatasan dengan negara tetangga, antara yang lain di sekitar Batam Dumai, berbatasan dengan Singapura dan Malaysia. Selain itu, XL juga memiliki jaringan FO yg terhubung segera dengan jaringan internasional, merupakan di Batam-Dumai-Malaka (Malaysia), Batam-Singapura, Batam – Sungai Rengit Kualalumpur (Malaysia).Baca juga:
Bos Indosat: Anak muda harus berani investasi saham
Telkomsel sebut tingkatkan kualitas jaringan di 12 destinasi wisata
Dukung Tour De Singkarak 2016, Indosat berikan promo telepon 24 jam
Terapkan teknologi baru, XL klaim kualitas meningkat
Kata pengamat soal hitungan biaya interkoneksi

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/xl-sepanjang-tahun-kami-bangun-jaringan-fo.html
Terima kasih sudah membaca berita XL: Sepanjang tahun kami bangun jaringan FO. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.

Tags:

Leave a reply "XL: Sepanjang Tahun Kami Bangun Jaringan FO"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.