TemanJalan, Aplikasi Berbagi Tumpangan Buat Warga Jabodetabek

No comment 108 views

Berikut artikel TemanJalan, aplikasi berbagi tumpangan buat warga Jabodetabek, Semoga bermanfaat

Bagi warga Jabodetabek, kemacetan telah menjadi bagian dari aktivitasnya. Berangkat maupun pulang bekerja mau tak mau harus berhadapan dengan macet. Terlebih, kebijakan ganjil genap yg diterapkan membuat jalanan semakin padat.

Berdasarkan data dari Polda Metro Jaya awal tahun 2015, jumlah mobil dan motor di Jakarta setiap tahunnya tumbuh 12 persen. Jelas masalah ini membutuhkan solusi agar semakin tidak terjebak dalam kemacetan.Nah melihat persoalan itu, Fauzan Helmi Sudaryanto dan Rasmunandar Rustam, memiliki solusi itu dengan membuat aplikasi TemanJalan. Aplikasi ini sederhananya adalah platform berbagi tumpangan yg dibangun bagi mengurangi jumlah kendaraan dan kejenuhan dalam menghadapi kemacetan dahulu lintas di Jakarta.Melalui aplikasi TemanJalan, pengguna bisa berperan sebagai penumpang maupun pengendara dengan memasukkan rute perjalanan yg diinginkan. Sistem TemanJalan kemudian mulai melakukan matchmaking dan memberikan notifikasi kepada pengguna yg memiliki rute searah sehingga mereka mampu pergi ke tempat tujuan bersama.Sejak peluncuran di bulan April 2016 lalu, TemanJalan mencatat sebanyak 5600+ mahasiswa dari 50+ kampus di Jakarta yg sudah mendaftar memakai layanannya. Kini, TemanJalan memperluas segmen pengguna dengan membuka layanannya kepada para pekerja dan komuter Jabodetabek serta menghadirkan aplikasinya bagi beberapa sistem operasi: Android dan iOS (beta) dan telah dapat diunduh.”Selain bisa menjadi ajang networking on-the-go, kalian berharap TemanJalan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas sebagai salah sesuatu solusi bagi mendukung kebijakan plat ganjil-genap yg telah akan diuji mencoba pekan ini di Jakarta,” lanjut Fauzan Helmi Sudaryanto, CEO TemanJalan, dalam informasi resminya.Metode pembayarannya pun memakai koin virtual yg bisa diisi ulang (top-up) dengan gampang melalui transfer antar bank. Dengan memakai sistem ini, penumpang bisa menghemat ongkos sehari-hari karena tarif yg dikenakan cuma senilai Rp 1000/kilometer. Pengendara kemudian bisa mengumpulkan koin sesuai dengan kilometer yg ditempuh dalam setiap perjalanan bagi kemudian ditukarkan dengan berbagai rewards yg menarik, seperti pulsa, voucher bensin, voucher makan, stiker LINE, dan lain-lain.Menariknya lagi, buat menjembatani kebutuhan komunikasi antara penumpang dengan pengendara, TemanJalan dilengkapi dengan fitur in-app chat sehingga koordinasi perjalanan mampu dikerjakan tanpa mengorbankan privasi pengguna. Maklum, pada aplikasi angkutan berbasis online privasi pengguna seperti nomor telepon mampu digunakan buat hal-hal yg bersifat menganggu mereka.”Dengan TemanJalan kalian berharap semakin banyak komuter yg memanfaatkan fitur buat berbagi tumpangan secara aman, mudah, dan menyenangkan,” tutur Fauzan.Baca juga:
Facebook rilis fitur unggulan baru, Video Ulang Tahun!
Raih pendanaan Seri B, aplikasi Baca ekspansi ke Brasil
Tembus 1 juta pengguna, BACA bisa pembiayaan dan ekspansi ke Brazil
PokeMatch, aplikasi cari jodoh bagi gamer Pokemon Go
Selain Pokemon GO, ini 4 Aplikasi ‘augmented reality’ terbaik!

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/temanjalan-aplikasi-berbagi-tumpangan-buat-warga-jabodetabek.html
Terima kasih sudah membaca berita TemanJalan, aplikasi berbagi tumpangan buat warga Jabodetabek. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.

Tags:

Leave a reply "TemanJalan, Aplikasi Berbagi Tumpangan Buat Warga Jabodetabek"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.