Soal Data Center, Dirjen Baru Tak Ingin Berkomentar Banyak

No comment 108 views

Berikut artikel Soal Data Center, Dirjen baru tak ingin berkomentar banyak, Semoga bermanfaat

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan mulai mengkaji kembali aturan mengenai penempatan Data Center perusahan asing di Indonesia.

Dalam sebuah kesempatan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara pernah mengindikasikan bahwa data center perusahaan asing tidak perlu ada di Indonesia.Terkait hal ini, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (APTIKA), Samuel A. Pangerapan belum mampu berkomentar banyak. Sebagai Dirjen yg baru dilantik, pihaknya ingin mempelajari terlebih lalu masalah tersebut.”Nanti dululah. Kan aku baru aja dilantik, mana tahu detail persoalannya. Nanti aku kaji lalu dan kan pastinya ada alasannya. Intinya aturan yg merujuk ke masalah itu masih mulai tetap ada,” ujarnya kepada awak media usai pelantikan 7 pejabat baru Kemkominfo di Jakarta, Jumat (07/10).”Data Center itu kan bukan cuma bangunan saja, listriknya bagaimana. 1 Data Center itu dapat berapa puluh MW. Ini kan baru wacana, makanya nanti aku kaji dulu,” tambahnya.Aturan Data Center itu merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 82 Tahun 2012 tentang Transaksi Elektronik pasal 17 Ayat 2. Dalam aturan itu menyebutkan Penyelenggara Sistem Elektronik buat pelayanan publik wajib menempatkan pusat data dan pusat pemulihan bencana di wilayah Indonesia buat kepentingan penegakan hukum, perlindungan, dan penegakan kedaulatan negara terhadap data warga negaranya.Gara-gara pernyataan Menkominfo yg mengindikasikan melonggarkan penempatan data center perusahan asing di Indonesia, Asosiasi Penyelenggara Data Center Indonesia atau Indonesia Data Center Provider Organization (IDPRO), mengkritik wacana itu.Ketua Umum IDPRO, Kalamullah Ramli, menyampaikan semestinya pemerintah memikirkan kepentingan nasional jangan cuma kepentingan asing.”Pikirkan nation interest. Jangan cuma kepentingan asing,” tuturnya.Isu ini pun membesar hingga banyak persepi bahwa Data Center perusahaan asing tidak wajib di Indonesia. Menkominfo pun mengelak seandainya dikatakan tak wajib.”Saya gak pernah ngomong itu tak wajib. Siapa yg bilang? Begini, regulasi itu harus applicable dan enforceable. Artinya regulasi harus mampu dikerjakan dan enforceable artinya kalau tak dapat diterapkan itu karena apa dan harus ada sanksi. Itu baru regulasi bagus,” jelasnya.Baca juga:
Mantan Ketum APJII jadi Dirjen APTIKA
Begini wejangan Menkominfo ke pejabat baru Kemkominfo
Kemenkominfo gaet perusahaan China bangun laboratorium TIK di Unhas
Kominfo dinilai diskriminatif soal regulasi Network Sharing
Kemkominfo ingin persingkat waktu uji sertifikasi ponsel global

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/soal-data-center-dirjen-baru-tak-ingin-berkomentar-banyak.html
Terima kasih sudah membaca berita Soal Data Center, Dirjen baru tak ingin berkomentar banyak. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.

Tags:

Leave a reply "Soal Data Center, Dirjen Baru Tak Ingin Berkomentar Banyak"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.