Proxima B, Planet Dengan Atmosfer Berbatu Yang Dijuluki ‘Bumi Kedua’

Berikut artikel Proxima b, planet dengan atmosfer berbatu yang dijuluki ‘Bumi Kedua’, Semoga bermanfaat

Para ilmuwan tidak mulai pernah selesai berburu tempat baru yg berpotensi bagi jujugan baru manusia di masa depan. Dalam hal ini, ilmuwan pun tidak ragu buat mencari ke jarak berjuta-juta tahun cahaya jauhnya. Beberapa daftar planet pun akhirnya muncul menjadi potensi.

Seperti baru-baru ini, sebuah tim yg terdiri dari astrofisikawan dari CNRS sudah mengkalkulasi ukuran dan kontur permukaan dari sebuah planet bernama Proxima b, yg sangat mirip dengan Bumi karena berbatu dan didominasi samudera.Dilansir dari Daily Mail, Proxima b ditemukan pada Agustus lalu, dan jadi kandidat terbesar dari exoplanet (planet di luar tata surya) yg mulai dikirimi robot observasi dari Bumi. Planet ini mengorbit ke sebuah bintang bernama Proxima Centauri, dengan jarak yg cukup aman layaknya Bumi ke Matahari. Dari Bumi, planet ini berjarak sekitar 4 tahun cahaya.Para ilmuwan memperkirakan bahwa planet ini mulai memiliki massa sebesar 1,3 kali lipat dari Bumi, dan orbit pada jarak 7,5 Juta kilometer, atau sepersepuluh kali lipat jarak Matahari ke Merkurius.Proxima b Daily MailKontras degan jaraknya dengan pusat orbit, kedekatan tersebut tidak membuat Proxima b memiliki permukaan yg panas dan menguapkan semua bentuk air di sana. Temperatur diperkirakan cukup normal dengan tetap eksisnya samudera di sana.Bintang yg dijadikan pusat orbit dari Proxima b, yakni Proxima Centauri, ternyata jauh lebih kecil dari matahari dan 1.000 kali lebih lemah kekuatannya ketimbang matahari. Hal ini membuat Proxima b berada di jarak yg tepat bahkan milik potensi buat ditinggali.Dari segi temperatur pun, keadaan planet ini diperkirakan masih cukup masuk akal. Para ilmuwan memperkirakan temperatur dapat berbeda akan dari minus 90 derajat hingga 30 derajat Celcius. Dengan kombinasi temperatur dan air di permukaannya, adanya kehidupan di tempat tersebut diramalkan mulai langsung ada dalam waktu yg tidak mampu diperkirakan. Mungkin mampu berabad-abad.Para ilmuwan juga sepakat bahwa Proxima b adalah planet paling mirip dengan Bumi terdekat yg pernah ditemukan selama ini. Meski demikian, 4 tahun cahaya tak sedekat yg kami pikir. Jarak tersebut setara dengan 25.000 triliun mil. Hal ini mampu dicapai mungkin masih di generasi selanjutnya, saat pesawat luar angkasa super cepat telah dikembangkan.Baca juga:
Beberapa bulan lagi, planet Mars terancam ‘dilahap’ badai pasir
Mengapa kami memejamkan mata saat bersin?
Berapa banyak pakaian yg dibawa astronot ke luar angkasa?
Mengapa saat membuat pancake hasilnya terus berbentuk bulat?
Mengapa ilmuwan tidak menggolongkan ‘pedas’ sebagai rasa?

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/proxima-b-planet-dengan-atmosfer-berbatu-yang-dijuluki-bumi-kedua.html
Terima kasih sudah membaca berita Proxima b, planet dengan atmosfer berbatu yang dijuluki ‘Bumi Kedua’. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.