Pinjaman Dana Rp 875 Miliar Garap Palapa Ring Barat Cair

No comment 97 views

Berikut artikel Pinjaman dana Rp 875 miliar garap palapa ring barat cair, Semoga bermanfaat

Pendanaan proyek palapa ring barat dari bank sebesar Rp 875 miliar akhirnya mampu berjalan sepenuhnya. Setelah 5 bulan melewati serangkaian proses pemenuhan pembiayaan dan persyaratan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) selaku Penanggung Jawab Kerjasama (PJPK) sudah menyatakan kerjasama ini efektif.

Kepastian pencairan dana itu terwujud dalam penandatangan surat pernyataan efektif perjanjian kerja sama proyek antara Kominfo sebagai penanggung jawab proyek, dan PT Palapa Ring Barat selaku pemenang tender.Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, proyek palapa ring barat sebetulnya telah jalan dengan memakai kas pribadi PT Palapa Ring Barat.”Jadi begini, sebetulnya proyek ini telah jalan sebelum dana cair karena 20 persen pakai uang sendiri,” ujarnya saat ditemui awak media di Gedung Kemkominfo, Kamis (11/08).Penandatanganan Surat Pernyataan Efektif ini juga dihadiri oleh Direktur Utama PT Palapa Ring Barat, Syarief Lumintarjo. Sebelumnya, pinjaman dana Rp 875 miliar pembangunan proyek palapa ring barat didapatkan dari Bank Mandiri. Sementara, nilai total proyek palapa ring barat sebesar Rp1,28 triliun. Kredit investasi berjangka waktu delapan tahun dengan masa tenggang beberapa tahun tersebut mulai digunakan buat mendukung pembangunan jaringan fiber optik di lima kota/kabupaten di Kepulauan Riau.Secara teknis, proyek Palapa Ring ini dibagi menjadi tiga paket, yakni paket barat, tengah, dan timur. Paket barat dimenangkan oleh Konsorsium Mora Telematika dan Ketrosden Triasmitra. Sementara itu, paket tengah dimenangkan oleh Konsorsium Pandawa Lima yakni PT LEN, PT Teknologi Riset Global Investama, PT Sufia Technologies, PT Bina Nusantara Perkasa, dan PT Multi Kontrol Nusantara. Kemudian di paket timur dimenangkan oleh konsorsium Moratelindo IBS Smart Telecom.Proyek Palapa Ring ini yaitu proyek besar pembangunan jaringan penting di semua wilayah Indonesia buat dapat terkoneksi dengan internet sekaligus target Rencana Pita Lebar Indonesia 2014 hingga 2019. Nantinya, masyarakat pedesaan dapat menikmati internet dengan kecepatan 10 Mbps dan 20 Mbps buat masyarakat perkotaan.Baca juga:
Bank Mandiri danai proyek Palapa Ring Barat senilai Rp 875 miliar
Ini pemenang tender Palapa Ring paket timur
WanTIKnas: BRI tepat milik satelit sendiri
Begini perkembangan satelit BRIsat setelah diluncurkan
Pemerintah mulai memanfaatkan empat transponder dari satelit BRI

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/pinjaman-dana-rp-875-miliar-garap-palapa-ring-barat-cair.html
Terima kasih sudah membaca berita Pinjaman dana Rp 875 miliar garap palapa ring barat cair. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pinjaman Dana Rp 875 Miliar Garap Palapa Ring Barat Cair"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.