Ombudsman Usulkan Revisi PP Telekomunikasi Ditunda

No comment 91 views

Berikut artikel Ombudsman usulkan revisi PP telekomunikasi ditunda, Semoga bermanfaat

Anggota Ombudsman RI, Alamsyah Saragih mengusulkan agar rencana revisi Peraturan Pemerintah (PP) No 52/ 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi dan PP No. 53/ 2000 tentang penggunaan spektrum radio dan orbit satelit, ditunda. Pasalnya, banyak prosedur tak memenuhi UU No 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi.

“Revisi PP itu pertama konsultasi publiknya gak clear dan transparan. Kenapa sih mesti takut dengan konsultasi publik? Paling tidak, misal ada operator yg gak setuju, pemerintah mampu menampungnya dan kemudian pemerintah mampu menjelaskan kenapa itu ditolak. Sehingga regulasi yg disusun tak ada masalah,” katanya ketika diskusi tentang kedua PP tersebut di Jakarta, Selasa (11/10).”Kedua, regulasi itu gak mengatur tentang batasan-batasan network sharing. Itu dapat saling merugikan industri telekomunikasi kita. Ketiga, mereka mulai lebih lari ke wilayah yg lebih padat orang daripada yg tidak. Ini nantinya rawan terjadinya praktik kartel,” imbuhnya.Oleh sebab itu, dia mengusulkan agar Presiden RI Jokowi tidak menandatangani kedua revisi PP tersebut. Dia pun menyinggung Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, yg selama ini tidak pernah berkomentar soal revisi PP telekomunikasi.”Menterinya sendiri belum pernah menjawab apakah konsultasi publik telah dikerjakan apa belum. Apakah ini sesuai dengan UU tidak? Dan kemudian apakah ini ada gak batasan-batasan terkait itu?” ujarnya.Sementara itu, menurut Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo, RPP yg disusun secara tak transparan dan ditujukan tak bagi pemerkuat kepentingan nasional dan pemenuhan kebutuhan nasional juga berpotensi membuat negara buntung dari sisi penerimaan negara.”Kompetisi yg tak sehat dan tak fair mulai memacu perang harga sehingga menurunkan penjualan dan laba bersih yg berdampak pada turunnya kontribusi PPN, PPh, dan PNBP,” jelas dia.Baca juga:
MiFi & router XL ditargetkan gaet 2 juta pelanggan akhir tahun depan
Tri: Kami operatornya anak muda ingin memberi inspirasi
XL siapkan 250 ribu paket mobile broadband
Indosat dan XL tersandung dugaan praktik kartel
KPPU panggil Indosat dan XL terkait usaha patungan

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/ombudsman-usulkan-revisi-pp-telekomunikasi-ditunda.html
Terima kasih sudah membaca berita Ombudsman usulkan revisi PP telekomunikasi ditunda. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ombudsman Usulkan Revisi PP Telekomunikasi Ditunda"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.