Mengenal ‘Bennu’, Asteroid Raksasa Yang Paling Ditakuti Ilmuwan

Berikut artikel Mengenal ‘Bennu’, asteroid raksasa yang paling ditakuti ilmuwan, Semoga bermanfaat

Di luar sana, mungkin ada ribuan asteroid yg diklaim berbahaya buat Bumi meskipun sejatinya tidak. Namun berbeda halnya dengan sebuah asteroid sepanjang 500 meter bernama ‘Bennu’.

Menurut ilmuwan dari Universitas Arizona, asteroid Bennu baru mulai mendekati Bumi pada tahun 2135. Saat itu Bennu diprediksi mulai lewat di antara Bumi dan Bulan. Ketakutan ilmuwan bukan di tahun 2135 itu, tetapi bertahun-tahun setelahnya.Perlu diketahui bila asteroid Bennu melewati orbit (lintasan berkeliling matahari) Bumi setiap enam tahun sekali. Kejadian langka melintasnya Bennu di antara Bumi dan Bulan di tahun 2135 itu lah yg disebut dapat membelokkan lintasan Bennu menjadi mengarah ke Bumi di masa depan.Dante Lauretta, profesor dari Universitas Arizona, menyatakan bila 40 tahun setelah melintasnya Bennu di antara Bumi dan Bulan itu, Bennu kemungkinan besar menabrak Bumi.”Mendekatnya Bennu di tahun 2135 mulai mengubah lintasannya, berpotensi mengarahkannya ke Bumi di akhir abad itu (2135). Bennu dapat jadi ditakdirkan mengakibatkan penderitaan dan kematian besar,” ujar Lauretta pada Sunday Times.Lauretta lantas memperkirakan Bennu peluang Bennu menabrak Bumi sekitar 1:2700 di antara tahun 2175 dan 2196. Apabila tabrakan benar terjadi, bakal muncul ledakan setara dengan 3 miliar ton bom.Berdasarkan hal ini lah, Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA, coba mengirimkan sebuah pesawat luar angkasa buat meneliti Bennu. Pesawat bernama OSRIS-REx tersebut rencananya diluncurkan bulan September nanti dan dijadwalkan mendarat di Bennu tahun 2018.Baca juga:
Lihat foto planet Jupiter pertama yg dikirim ‘Juno’
Pertama, ilmuwan temukan air di luar tata surya
Cerita planet dengan tiga matahari yg pecahkan ‘kemustahilan’

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/mengenal-bennu-asteroid-raksasa-yang-paling-ditakuti-ilmuwan.html
Terima kasih sudah membaca berita Mengenal ‘Bennu’, asteroid raksasa yang paling ditakuti ilmuwan. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mengenal ‘Bennu’, Asteroid Raksasa Yang Paling Ditakuti Ilmuwan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.