Mengapa Ketika Membuat Pancake Hasilnya Selalu Berbentuk Bulat?

Berikut artikel Mengapa ketika membuat pancake hasilnya selalu berbentuk bulat?, Semoga bermanfaat

Tak dapat dipungkiri, bentuk asli pancake adalah berbentuk bulat. Kini memang telah banyak variasi bentuk pancake, akan dari bentuk benda tertentu hingga karya seni yg dibuat dari pancake. Namun secara fundamental pancake tetaplah mulai berbentuk bulat.

Namun mengapa pancake berbentuk bulat? Apakah ini bahkan sebuah pertanyaan ilmiah? Sebenarnya tidak. Versi pertanyaan lebih ilmiahnya adalah ‘mengapa benda cair yg dituangkan ke benda datar terus membentuk lingkaran?’Yap, adonan pancake yg kalian tuang ke wajan dengan kemiringan tertentu, terus mulai membuat bentuk lingkaran, meskipun tidak jarang tingkat kebulatannya tidak terus sempurna. Hal ini terjadi karena satu yg sederhana.Gravitasi. Tarikan gravitasi membuat partikel-partikel yg ada di adonan pancake bergerak ke seluruh arah dengan waktu yg sama dan kecepatan yg sama pula. Oleh karena itu bentuk bulat tidak mulai mampu dihindari.Hal ini juga sedikit banyak dipengaruhi oleh massa macam dan kekentalan. Adonan pancake yg lebih kental tentu lebih konsisten dan kuat bagi ‘tidak berpisah’ antara partikel sesuatu sama lain. Berbeda dengan air yg milik massa macam lebih ringan dan lebih encer. Ketika dituang pun air tidak mulai membuat bentuk yg sama sesuatu sama lainnya.Selain itu, kekencangan dari permukaan wajan mampu jadi adalah sebab mengapa adonan pancake mampu menahan bentuk adonan pancake tetap bulat.Semoga bermanfaat.Baca juga:
Mengapa ilmuwan tidak menggolongkan ‘pedas’ sebagai rasa?
Bagaimana cara berhubungan seks di luar angkasa?
Manusia dan robot temukan gua bawah air terdalam di dunia

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/mengapa-ketika-membuat-pancake-hasilnya-selalu-berbentuk-bulat.html
Terima kasih sudah membaca berita Mengapa ketika membuat pancake hasilnya selalu berbentuk bulat?. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mengapa Ketika Membuat Pancake Hasilnya Selalu Berbentuk Bulat?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.