Kemkominfo Bakal Sapu Bersih Portal Berita Abal-abal

No comment 89 views

Berikut artikel Kemkominfo bakal sapu bersih portal berita abal-abal, Semoga bermanfaat

Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Samuel Abrijani Pangerapan, menuturkan pihaknya dan Dewan Pers mulai serius menangani portal berita tidak jelas yg tak terdaftar. Rujukannya ada pada Undang-undang Pers.”Nanti ada gerakan bersama dengan Dewan Pers. Jadi, segala website yg mengaku portal berita kalau tak ada nama perusahaan, struktur perusahaan, alamat redaksi atau kantor, mulai kalian bersihkan,” ujarnya kepada sejumlah awak media di kantornya Gedung Kemkominfo, Jakarta, Rabu (4/1).Pria yg akrab disapa Semmy ini menuturkan, pihaknya tengah menyiapkan tim bagi mengawasi pergerakan media online abal-abal yg mengaku portal berita. Sejauh ini, telah ada 40 ribu portal berita abal-abal yg dia terima berdasarkan data dari Dewan Pers. Langkah ini juga, kata dia, sebagai bentuk mengembalikan fungsi pers sebagai pilar demokrasi.”Silakan milik website atau blog tetapi jangan mengaku kontennya itu berita, berita itu ada ilmu dan etikanya. Pemerintah juga ingin mengembalikan pers menjadi pilar keempat demokrasi. Jangan sampai marwahnya itu hilang yg kemudian orang tak yakin lagi sama pers, wah ini bahaya,” jelasnya.Maka dari itu, dia menyarankan kepada semua website yg mengakui portal berita, buat langsung memenuhi aturan yg berlaku sebagai perusahaan media.”Sekarang itu mengurus perizinan membuat badan hukum tak susah,” ungkap dia.

Hanya di IndonesiaSementara itu Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo menuturkan, maraknya media online yg mengaku portal berita ini cuma terjadi di Indonesia. Di negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar, bahkan Timor Leste, tak ada fenomena seperti di Indonesia.”Ini khas Indonesia,” tuturnya ketika dijumpai di kantor Kemkominfo.Menurut Yosep, fenomena terjadi ini lantaran banyak masyarakat yg masih takut terhadap wartawan terutama wartawan dari portal berita abal-abal yg terus menyudutkan dalam membuat berita. Kebanyakan para pejabat daerah yg tidak jarang diincar. Alhasil, kata ‘damai’ pun menjadi solusinya. Hal ini yg kemudian membuat subur portal berita online abal-abal.”Karena itu, kalian mendorong pemerintah buat melakukan media literasi kepada masyarakat,” terangnya.Baca juga:
Begini cara Anies tepis berita hoax di medsos
Pemerintah bentuk badan cyber, kinerja Menkominfo dipertanyakan
Anies Baswedan curhat tidak jarang jadi korban fitnah akibat berita hoax
Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat minta Badan Cyber sinergi dengan UU ITE
NasDem minta pemerintah langsung keluarkan mekanisme kerja Badan Cyber
Badan Cyber Nasional jangan sampai membatasi kebebasan berpendapat

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/kemkominfo-bakal-sapu-bersih-portal-berita-abal-abal.html
Terima kasih sudah membaca berita Kemkominfo bakal sapu bersih portal berita abal-abal. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kemkominfo Bakal Sapu Bersih Portal Berita Abal-abal"