Jadi Kontroversi, Proyek Stephen Hawking Ngotot Teliti Sinyal Alien

Berikut artikel Jadi kontroversi, proyek Stephen Hawking ngotot teliti sinyal alien, Semoga bermanfaat

Dua orang astronom mengklaim bahwa mereka menemukan sinyal ‘ekstra terestrial’ yg mungkin dihasilkan oleh adanya makhluk asing. Mereka membuat sebuah temuan kontroversial tersebut dengan membaca sesuatu per sesuatu 2,5 juta perkara dari berbagai bintang yg sangat jauh.

Dari penemuan ini, mereka yakin bahwa ada 234 buah sinyal alien yg sudah dikirimkan ke Bumi. Penemuan ini akhirnya juga ikut diteliti sekaligus diperdebatkan oleh banyak ahli di bidangnya, termasuk oleh proyek Breakthrough Listen, proyek punya Yuri Milner, Stephen Hawking dan juga Mark Zuckerberg. Meski kontroversial karena banyak juga ilmuwan yg tidak percaya, proyek ini tetap ikut mencari penjelasan dari berbagai tanda dideteksinya alien tersebut.Dilansir dari Daily Mail, penelitian yg dipimpin oleh profesor Ermanno Borra dari Universitas Laval di Quebec, mempelajari sinyal yg dideteksi oleh Sloan DIgital Sky Survey, sebuah teleskop sebesar 2,5 meter yg terletak di New Mexico. Teleskop ini dipasang memang demi antisipasi komunikasi dari alien. Idenya adalah seandainya alien memancarkan laser di luar angkasa, semburan radiasinya mulai kelihatan muncul dari bintang induknya. Ini yg ingin diamati oleh teleskop tersebut.Para peneliti memakai perangkat analisis matematika bagi menyaring 2.5 juta temuan dari tiap bintang yg mengeluarkan sinyal. Hal ini menghasilkan berbagai sinyal yg natural dan sesuai dengan kriteria mereka. Perangkat ini bernama ‘Fourier Transformation’ yg bisa secara cepat menangkap sinyal yg samar-samar.Menurut para ilmuwan, sinyal tidak mampu cuma disebabkan oleh efek instrumental atau efek dari analisa data. Hal ini dikarenakan sinyal tersebut hadir mewakili sebuah bagian kecil dari bintang yg ada dalam kisaran spektral yg sempit. Akhirnya para peneliti yg sudah menganalisa banyak opsi lain, sampai pada kesimpulan bahwa penjelasan paling mungkin adalah sinyal-sinyal ini dihasilkan oleh alien.Meski demikian, banyak sekali yg membantah mulai penemuan alien ini. Dilansir dari New Scientist, seorang astronom daru Missouri State University menyatakan bahwa hal ini terlalu dini buat disimpulkan sebagai adanya komunikasi alien. Para ilmuwan tadi dianggap tak mempertimbangkan setiap kemungkinan alamiah yg mungkin terjadi secara supranatural.Baca juga:
Mengapa kami menjadi orang yg gampang ‘memaki’ saat berkendara?
Mengapa di kesunyian kalian justru dengar suara yg ‘tak terdengar?’
Mengapa bulu tumbuh di sesuatu tempat, namun tak di tempat lainnya?
Apakah minum alkohol benar-benar hangatkan tubuh? Jawabnya tidak!
Buktikan cuma angan-angan, ilmuwan ini berhasil ‘ciptakan’ hantu!

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/jadi-kontroversi-proyek-stephen-hawking-ngotot-teliti-sinyal-alien.html
Terima kasih sudah membaca berita Jadi kontroversi, proyek Stephen Hawking ngotot teliti sinyal alien. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.