Ini Yang Terjadi Ketika Makan Makanan Yang Jatuh ‘belum Lima Menit’

Berikut artikel Ini yang terjadi ketika makan makanan yang jatuh ‘belum lima menit’, Semoga bermanfaat

Anda mungkin telah tidak jarang dengar kalimat ‘belum lima menit’ terlontar dari mulut seseorang saat makanan Anda jatuh ke lantai. Hal ini berdasarkan asumsi bahwa bakteri tidak mulai mengerubungi makanan Anda sebelum lima menit berlalu.Meski demikian, kebanyakan orang yg memakan satu dari lantai, tentu bukan karena belum lima menit. Ia pasti cuma tidak peduli dan cuma ingin makan. Sebenarnya di zaman modern cukup sulit bagi menemukan orang yg yakin mitos demikian.Hal ini cukup berbeda di kebudayaan barat, yg tetap mulai memakan makanan seandainya jatuhnya tidak lebih dari 5 detik. Uniknya, masih banyak yg yakin bahwa makanan yg jatuh kurang dari 5 detik masih aman buat dimakan.Dilansir dari Science of Us, beberapa orang peneliti bernama Robyn C. Miranda and Donald W. Schaffner ingin membuktikan keabsahan mitos ini. Temuan ini pun akhirnya dipublikasikan di jurnal Applied and Environmental Microbiology. Sebelumnya, cuma ada beberapa studi yg meneliti hal ini dan keduanya tidak kuat.Untuk membuktikannya, mereka coba meletakkan semangka, roti, roti dengan mentega, serta permen di berbagai permukaan lantai. Diasumsikan, permukaan lantai ini terkontaminasi dengan bakteri semacam Enterobacter aerogenes yg yaitu bakteri yg menyerang makanan, dan milik karakteristik mirip Salmonella. Makanan ini ditinggalkan selama 1, 5 10 dan 300 detik.Sayangnya, cuma butuh kurang dari sesuatu detik buat para bakteri tersebut bagi berpindah dari lantai ke makanan. Jadi seandainya Anda makan keripik kentang dan jatuh ke lantai, tidak mungkin keripik tersebut tidak mengandung bakteri, meskipun Anda segera mengambilnya.Selain itu, makin lama makanan jatuh ke lantai, makin tinggi kemungkinan transfer bakteri lebih berbahaya terjadi. Jadi seandainya ‘belum lima menit’ diterapkan hingga benar-benar lima menit, datangnya penyakit yg menyiksa perut tidak mulai terhindarkan.Faktor yang lain seperti tekstur makanan dan macam permukaan juga menjadi salah sesuatu hal yg berpengaruh. Secara spesifik sang peneliti menyatakan bahwa karpet mulai lebih sedikit memindahkan bakteri ke makanan jatuh ketimbang lantai keramik atau stainless steel. Lantai kayu lebih variabel jumlah bakterinya tergantung tingkat higienisnya.
Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/ini-yang-terjadi-ketika-makan-makanan-yang-jatuh-belum-lima-menit.html
Terima kasih sudah membaca berita Ini yang terjadi ketika makan makanan yang jatuh ‘belum lima menit’. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.