Hati-hati, Baterai Smartphone Bisa Jadi ‘penyedia’ Data Privasi Anda

Berikut artikel Hati-hati, baterai smartphone bisa jadi ‘penyedia’ data privasi Anda, Semoga bermanfaat

Data privasi di internet adalah hal yg jadi perhatian banyak pengguna, karena berbagai perlindungan dan enkripsi rasanya tidak cukup buat melindunginya. Bahkan terus ada cara dan teknologi baru buat melacak aktivitas dari pengguna internet.

Baru-baru ini, cara baru tersebut beredar, dan hal tersebut muncul dari sesuatu buah perangkat: baterai smartphone.Dilansir dari Daily Mail (4/8), jumlah daya baterai di smartphone maupun tablet mampu digunakan bagi melacak keterangan privasi pengguna. Hal ini berdasarkan studi dari Princeton University, yg berhasil menemukan software yg mampu melakukan hal tersebut. berdasarkan jurnal yg mereka rilis, para peneliti menyatakan bahwa pelacakan data dan keterangan pengguna dapat dikerjakan lewat API atau antarmuka pemrograman aplikasi dari baterai yg mampu meninggalkan jejak ke dua perangkat tertentu di internet.Hal ini awalnya diprediksi sebagai metode melacak keterangan pengguna bagi efisiensi penargetan iklan. Namun berbagai fitur tersebut dapat jadi disalahgunakan oleh perusahaan pelacak dan dan berbagai entitas teknologi yg bergerak di bidang pengiklanan online.Bahkan hal ini tidak dapat dihalau, karena Battery Status API ini secara otomatis memberi data tentang daya baterai kepada browser seperti Google Chrome. Hal ini makin diperparah dengan kenyataan bahwa Battery Status API tak dapat dimatikan seperti cookies. Sehingga aktivitas browsing kami mulai dapat dilacak meskipun dengan mode privat.Meski demikian, hal ini dapat sedikit direduksi dengan dua aplikasi seperti Ghostery dan Disconnect, yg mampu menghalau situs-situs tidak kelihatan bagi melacak history browsing. Selain itu, pemasangan aplikasi adblocker juga mampu menurunkan jumlah data yg dilacak.Baca juga:
LG V20, smartphone canggih terbaru yg bakal rilis September nanti
Picopad S4 tablet anyar Axioo dibanderol Rp 1 jutaan
Layar Samsung Galaxy Note 7 dan iPhone 7 bakal anti pecah?

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/hati-hati-baterai-smartphone-bisa-jadi-penyedia-data-privasi-anda.html
Terima kasih sudah membaca berita Hati-hati, baterai smartphone bisa jadi ‘penyedia’ data privasi Anda. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.

Tags:

Leave a reply "Hati-hati, Baterai Smartphone Bisa Jadi ‘penyedia’ Data Privasi Anda"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.