Fakta Menakutkan Di Balik Munculnya Danau Biru Di Antartika

No comment 278 views

Berikut artikel Fakta menakutkan di balik munculnya danau biru di Antartika, Semoga bermanfaat

Tempat terdingin di Bumi, benua Antartika, sendang mengalami fenomena unik. Belakangan diketahui bermunculan danau biru di lapisan es tebal Antartika. Apa yg terjadi?

Oleh ilmuwan, danau berwarna biru indah ini disebut sebagai danau superglasial. Meski sangat menarik buat dilihat (dan difoto), kemunculan danau ini menimbulkan ketakutan di kalangan ilmuwan.Penyebabnya, kemunculan danau superglasial diklaim sebagai tanda makin parahnya pemanasan global di Antartika. Selama tahun 2000-2013, ada 8.000 danau superglasial dilaporkan bermunculan di Antartika bagian timur.Ya, danau biru yg kelihatan itu tak yang lain adalah lapisan es yg mencair. Danau ini diprediksi bisa melemahkan struktur lapisan es tebal di Antartika, membuatnya gampang hancur. Bahkan, fenomena danau superglasial dinyatakan sebagai salah sesuatu penyebab penting semakin hilangnya es di Kutub Utara atau Artik.Berdasarkan data NSIDC (National Snow & Ice Data Center), sekarang lapisan es di Antartika sekitar menutupi area seluas 14 juta kilometer persegi. Es Antartika luasnya sama dengan luas Amerika Serikat dan Meksiko di gabung. Dan munculnya danau superglasial menjadi persoalan serius buat Antartika.Cukup wajar, sebab jumlah yg sangat besar di Antartika membuat ilmuwan percaya bila permukaan laut mulai bertambah tinggi hingga 60 meter bila semua es di sana mencair.Sumber: Gizmodo, Digital GlobeBaca juga:
Arkeolog Kazakhstan temukan piramida tertua di muka Bumi
Ratusan peneliti bentuk konsorsium riset bidang hankam
Berapa banyak es di benua Antartika?

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/fakta-menakutkan-di-balik-munculnya-danau-biru-di-antartika.html
Terima kasih sudah membaca berita Fakta menakutkan di balik munculnya danau biru di Antartika. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.

Tags:

Leave a reply "Fakta Menakutkan Di Balik Munculnya Danau Biru Di Antartika"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.