Empat Prediksi Kejahatan Siber Di Tahun 2017

No comment 105 views

Berikut artikel Empat prediksi kejahatan siber di tahun 2017, Semoga bermanfaat

Kejahatan siber mulai selalu mengikuti perkembangan teknologi terkini. Maka tak heran, seandainya setiap tahun model-model kejahatan siber mulai selalu berubah bentuk. Hal ini tentu saja mengubah secara keseluruhan lanskap keamanan dunia siber.

Liburan natal Pergi.com bagi2 diskon Rp 100,000Menurut Symantec pada tahun 2017 nanti, juga mulai terjadi perubahan dalam keamanan siber. Tren-tren baru pun mulai bermunculan dalam kejahatan dunia internet di antaranya:

1. Rogue nation states (Negara-negara yg dianggap membahayakan) mulai mendanai negara mereka dengan melakukan pencurian uang.
Ada kemungkinan berbahaya bahwa rogue nation states bersekutu dengan kejahatan teroganisir bagi keuntungan pribadi mereka, seperti apa yg dilihat dalam serangan SWIFT. Hal ini bisa mengakibatkan down time bagi sistem politik, militer atau keuangan.

2. Fileless malware mulai meningkat
Infeksi fileless yg tertulis segera pada RAM komputer tanpa memakai file apapun mulai sulit buat dideteksi dan seringkali menghindar dari pencegahan intrusi dan program antivirus. Tipe serangan ini meningkat selama tahun 2016 dan mulai semakin selalu dikenal pada tahun 2017, kemungkinan besar melalui serangan PowerShell.

3. Penyalahgunaan Secure Sockets Layer (SSL) mulai mendorong peningkatan situs phishing yg memakai HTTPS
Meningkatnya popularitas sertifikasi SSL yg gratis dipadukan dengan inisiatif terbaru dari Google bagi menamai situs dengan cuma HTTP sebagai situs yg tak aman mulai melemahkan standar keamanan, yg mulai mendorong potensi munculnya spear-phishing atau program malware karena praktik optimasi mesin pencarian (SEO) yg berbahaya.

4. Drone mulai digunakan bagi serangan espionage dan eksplosif
Hal ini bisa dilihat pada tahun 2017, namun kemungkinan mulai terjadi jauh di kemudian hari. Sebelum tahun 2025, kami mulai melihat ‘dronejacking’ yg menghalangi sinyal drone dan mengarahkan drone bagi keuntungan penyerang. Melihat kemungkinan ini, kita pun mampu memprediksikan dikembangkannya teknologi anti-drone hacking/ anti peretasan drone guna mengontrol GPS dan sistem utama lainnya dari perangkat-perangkat ini.

Baca juga:
Jaminan keamanan, Kemenkominfo dorong penerapan tanda tangan digital
Wiranto mulai bangun Badan Cyber Nasional atasi kejahatan digital
Awas, netizen lansia jadi target empuk penipuan online
Sindikat penipu online modus sebarkan cek miliaran diringkus polisi
Model keamanan biometrik jadi peluang curi data sensitif

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/empat-prediksi-kejahatan-siber-di-tahun-2017.html
Terima kasih sudah membaca berita Empat prediksi kejahatan siber di tahun 2017. Silahkan baca berita lain tentang Iptek lainnya.

Tags:

Leave a reply "Empat Prediksi Kejahatan Siber Di Tahun 2017"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.