Soal Perppu Kebiri, Puan: Penegak Hukum Harus Berani Ambil Keputusan

Jakarta – Kemarin Presiden Joko Widodo telah meneken Perppu Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyampaikan penegak hukum harus mempunyai keberanian bagi mengambil keputusan buat memberi efek jera kepada pelaku kekerasan seksual anak.

“Ini kejahatan luar biasa, karena itu ditangani luar biasa. Harapannya penegak hukum harus berani mengambil sesuatu keputusan kalau telah dikerjakan penyelidikan secara menyeluruh. (Hal ini) memang (bermaksud) memberi efek jera kepada pelaku yg melakukan kekerasan seksual kepada anak,” ujar Puan di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Sebagaimana yg dikatakan Presiden Jokowi, menurut Puan, Perppu ini adalah pemberatan hukuman untuk pelaku kekerasan seksual pada anak. Dan telah diberlakukan.

Namun, soal mekanismenya mulai ditambah dengan peraturan pemerintah. Pada pelaksanaannya pun mulai dikerjakan koordinasi antar kementerian terkait.

“Ini telah berlaku, seperti yg dikatakan Menkumham. Bahwa pelaksanaan mulai ada penambahan hukuman kebiri dan penanaman cip, itu tentu saja ada mekanisme yg mulai diatur kembali. Namun pemberatan hukuman telah berlaku sebagai mana yg telah ditandatangani oleh presiden,” kata Puan.

“(Nanti) tentu saja mulai dikoordinasikan dan dipantau oleh Kemenkumham, Kemensos dan Kemenkes bagaimana teknis dan mekanismenya. Sehingga ini dapat berjalan dengan baik,” tambahnya.

Pemerintah juga mulai melakukan rehabilitasi terkait pelaksanaan pemberatan hukuman ini. Bukan cuma kepada korban, pelaku kekerasan seksual juga mulai mendapatkan proses rehabilitasi.

“Rehabilitasi dan pendampingan tentu saja itu menjadi salah sesuatu hal yg dikerjakan dan bahkan bagaimana kemudian mengembalikan rehabilitasi pelaku pada nantinya sesudah mereka menjalani hukuman tentu saja itu mulai dilakukan,” tuturnya.

(faj/faj)

Sumber: http://news.detik.com/berita/3218758/soal-perppu-kebiri-puan-penegak-hukum-harus-berani-ambil-keputusan
Terima kasih sudah membaca berita Soal Perppu Kebiri, Puan: Penegak Hukum Harus Berani Ambil Keputusan. Silahkan baca berita lain tentang Berita lainnya.

Tags:

Leave a reply "Soal Perppu Kebiri, Puan: Penegak Hukum Harus Berani Ambil Keputusan"