Dalam Forum G7, Obama Sebut Korut Sebagai Kekhawatiran Besar

 

Tokyo – Dalam forum G7 di Jepang, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyebut Korea Utara (Korut) sebagai kekhawatiran besar buat dunia. Komentar ini muncul di tengah semakin meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea usai serangkaian uji mencoba nuklir.

Seperti dilansir AFP, Kamis (26/5/2016), Obama mengatakan komentar ini di sela-sela pembicaraan G7, dengan isu Korut menjadi salah sesuatu topik yg mulai dibahas. G7 terdiri atas Kanada, Prancis, Jerman, Inggris, Italia, Jepang dan AS.

“Korea Utara yaitu kekhawatiran besar buat kalian semua,” sebut Obama.

“Memang bukan hal yg memicu risiko dalam waktu dekat. Tapi saat ada rezim yg tak stabil dan juga sangat terisolasi, kerap melontarkan ancaman tingkat menengah, kami tetap harus menaruh perhatian besar,” imbuhnya.

Baca juga: Marak Kejahatan Tentara AS di Okinawa, Obama Sampaikan Penyesalan Mendalam

Ketegangan antara Korut dengan Korea Selatan (Korsel) semakin meningkat sejak negara komunis itu menggelar uji mencoba nuklir ke-4 pada Januari lalu. Dalam dua minggu terakhir, Korut berulang kali mengusulkan digelarnya perundingan militer, yg bertujuan buat mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea. Namun Korsel menolak tawaran Korut itu, karena dianggap tak tulis dan cuma propaganda belaka.

Otoritas Korsel di bawah Presiden Park Geun Hye bersikeras satu-satunya syarat agar perundingan antar kedua Korea dapat digelar, Korut harus memastikan denuklirisasi benar dilaksanakan terhadap program nuklirnya yg kontroversial.

Pada Kamis (26/5) ini, Sekjen PBB Ban Ki-moon mendorong dimulainya kembali dialog dengan Korut. “Kita harus menemukan kembali jalan menuju dialog,” ucapnya ketika menghadiri forum keamanan dan perdamaian di Korsel.

Sementara itu, Dewan Keamanan PBB sudah memberlakukan sanksi lebih berat buat Korut pada Maret lalu, usai uji mencoba nuklir Korut pada Januari dan peluncuran roket jarak jauh pada Februari. Korut sendiri telah sejak lama, pada tahun 2006, tahun 2009, dan tahun 2013, dijatuhi berbagai sanksi karena uji mencoba nuklir dan rudal lainnya.

Baca juga: Ketegangan Meningkat, Sekjen PBB Serukan Dialog Kembali dengan Korut

Melalui resolusinya, Dewan Keamanan PBB mengecam uji mencoba nuklir dan peluncuran rudal Korut sebagai ancaman untuk perdamaian dan keamanan internasional. Namun Korut melawan sanksi dan resolusi PBB itu dengan menegaskan tak ada hukum maupun kesepakatan internasional yg memutuskan uji mencoba nuklir sebagai ancaman.

(nvc/nwk)

Sumber: http://news.detik.com/internasional/3218825/dalam-forum-g7-obama-sebut-korut-sebagai-kekhawatiran-besar
Terima kasih sudah membaca berita Dalam Forum G7, Obama Sebut Korut sebagai Kekhawatiran Besar. Silahkan baca berita lain tentang Berita lainnya.

Tags:

Leave a reply "Dalam Forum G7, Obama Sebut Korut Sebagai Kekhawatiran Besar"