Tradisi Palang Pintu Diusahakan Tampil Pada TAFISA 2016

No comment 86 views

Berikut artikel Tradisi Palang Pintu Diusahakan Tampil pada TAFISA 2016, Semoga bermanfaat

JAKARTA, Kompas.com — Sebagai salah sesuatu bentuk kepedulian pemerintah buat merawat kesenian dan kebudayaan Betawi, Minggu (29/5/2016) malam, Menpora Imam Nahrawi menutup Festival Palang Pintu Kemang 2016 yg diselenggarakan di kawasan Kemang, Jakarta.

Menurut Nahrawi, festival budaya Betawi yg menampilkan pertunjukan seni pencak silat dan seni pantun ini harus dilestarikan dan dipentaskan ketika Indonesia menjadi tuan rumah pergelaran TAFISA World Games 2016 yg mulai berlangsung di Jakarta, 6-12 Oktober mendatang.

Tradisi palang pintu yaitu salah sesuatu tradisi yg menjadi identitas masyarakat Betawi di Jakarta. Tradisi ini menjadi bagian dalam prosesi upacara pernikahan adat Betawi sejak zaman nenek moyang.

Perpaduan silat dan seni pantun yg jenaka menjadi hal yg dominan dalam tradisi palang pintu. Hal inilah yg kemudian menjadi landasan digelarnya festival tahunan bernama Festival Palang Pintu yg bertempat di kawasan Kemang, Jakarta.

“Kalau tak menyelamatkan palang pintu, aku khawatir mulai terkikis. Terima kasih kepada segala pihak yg sudah mempertahankan palang pintu hingga festival yg ke-11 ini,” ujar Menpora ketika mengatakan sambutan penutupan.

Sesuai namanya, festival ini mempertunjukkan semua satu yg berkaitan dengan tradisi palang pintu, akan dari menghadirkan kedua mempelai pengantin hingga mendatangkan para jawara silat Betawi.

Para pemantun pun tak mau ketinggalan mengisi festival. Saat pembukaan pada Sabtu (28/5/2016) pagi, dihadirkan rombongan pengantin berbusana adat Betawi lengkap dengan atribut khas diiringi alunan musik rebana. Roti buaya yg menjadi kuliner wajib menjadi pendamping yg tak luput dari iring-iringan rombongan pengantin.

“Palang pintu adalah tradisi yg perlu terus-menerus kalian kembangkan. Tidak cuma bagi Jakarta dan Indonesia, namun tradisi Palang Pintu dan budaya Betawi harus dikenal oleh dunia,” kata Menpora.

Kontes tradisi palang pintu menjadi bagian utama yg dilombakan. Lomba ini memiliki tujuan bagi melestarikan dan memperkenalkan budaya Betawi ke masyarakat yg hadir dari semua penjuru di festival ini.

Selain itu, Festival Palang Pintu juga memiliki tujuan menyosialisasikan seni budaya tradisional Betawi dan menjadi media bagi mempertahankan dan melestarikan budaya Betawi. Festival ini juga menjadi ajang bagi menjalin silaturahim dari para pegiat seni dan tokoh budaya Betawi. “Festival Palang Pintu Kemang ke-12 nanti mulai kalian gelar lebih semarak lagi,” ujar Ridwan, Ketua Panitia Festival.

Selain menjadi ajang memperkenalkan budaya, festival ini juga tak ketinggalan menampilkan seluruh satu yg berhubungan dengan masyarakat Betawi. Kehadiran berbagai jenis bazar dan pasar kuliner menjadikan festival ini begitu semarak. Bagi pengunjung yg ingin mencicipi sajian khas makanan dan minuman khas Betawi, di festival ini juga dihadirkan aneka kuliner Betawi, akan dari bir pletok hingga kerak telor Betawi yg lezat mampu dinikmati ketika mengunjungi Festival Palang Pintu.

“Nanti pada TAFISA Oktober 2016 di Ancol, aku minta palang pintu menjadi pintu pertama suguhan olahraga rekreasi TAFISA,” kata Menpora. Selain itu, Menpora juga mengatakan bahwa pencak silat sebagai bagian tradisi Betawi telah menjadi olahraga resmi yg dipertandingkan di Asian Games 2018. “Tugas aku selanjutnya adalah mendorong agar pencak silat mampu dipertandingkan di olimpiade. Semua tradisi Betawi, ayo kalian perlihatkan kepada dunia,” ajak Menpora.

Festival Palang Pintu Kemang XI 2016 ini dihadiri 24 sanggar kesenian se-Jabodetabek, diikuti 270 stan, dan dihadiri sekitar 10.000 pengunjung. Dalam penutupan festival ini, panitia menghadiahi Menpora sebuah golok serta batu cincin dari Komunitas Batu Pand.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/05/30/11471791/tradisi.palang.pintu.diusahakan.tampil.pada.tafisa.2016
Terima kasih sudah membaca berita Tradisi Palang Pintu Diusahakan Tampil pada TAFISA 2016. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tradisi Palang Pintu Diusahakan Tampil Pada TAFISA 2016"