Tengok Kemajuan Olahraga Di Indonesia Melalui Museum

No comment 79 views

Berikut artikel Tengok Kemajuan Olahraga di Indonesia Melalui Museum, Semoga bermanfaat

JAKARTA, Kompas.com – Delegasi negara-negara peserta TAFISA Games 2016 antusias dan kagum ketika mengunjungi Museum Olahraga Nasional yg terletak di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (11/10).

Presiden TAFISA Ju-ho Chong yg segera memimpin para delegasi mengaku senang dan terkesan dengan apresiasi yg diberikan pemerintah Indonesia kepada insan olahraga melalui museum. Sebab, tidak cuma olahraga prestasi, museum ini juga menampilkan olahraga tradisional.

“Saya sangat terkesan sekali dengan museum olahraga Indonesia. Tak cuma olahraga prestasi, tetapi olahraga tradisional juga dipamerkan di museum ini,” kata pria yang berasal Korea itu, di Museum Olahraga TMII Jakarta, Selasa (11/10).

Chong mengakui, pemerintah Indonesia sangat menghargai olahraga tradisional dan rekreasi, sementara di negaranya, pemerintah cuma memasukkan cabang olahraga prestasi di museum olahraga. “Museum di Korea cuma mengabadikan olahraga prestasi. Museum Indonesia memperlihatkan seluruh olahraga. Ini penghargaan pemerintah kepada atlet. Ini luar biasa,” lanjutnya.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengapresiasi kunjungan para peserta TAFISA Games 2016 di Museum Olahraga Nasional yg dikelola oleh Kemenpora. Menurutnya, kehadiran peserta olimpiade olahraga tradisional dan rekreasi ke Museum Olahraga itu bisa mengenalkan Indonesia ke mancanegara.

“Kehadiran para delegasi ini sekaligus mempromosikan Indonesia secara luas ke mancanegara, jadi mereka tidak cuma Bali saja tahunya,” ujarnya.

Isnanta menambahkan, melalui museum olahraga ini, tamu asing yg hadir mulai tahu lebih banyak tentang kekayaan Indonesia. Khususnya olahraga tradisional dan salah sesuatu sarananya adalah melalui event TAFISA Games.

“Museum ini memajang hampir seluruh cabang olahraga tradisional asli Indonesia. Kalau yg dipertandingkan di TAFISA itu cuma sebagian kecil,” jelasnya. “Minimal dengan hadir di museum ini segala delegasi mulai tahu ternyata Indonesia itu kaya. Masih banyak lagi olahraga tradisional yg kami punyai,” tambah Isnanta.

Kepala Museum Olahraga Nasional Herman Chaniago juga mengaku sangat dengan kehadiran perwakilan delegasi TAFISA Games yg terdiri dari 87 negara yg menyaksikan jejak-jejak pahlawan olahraga Indonesia. “Kita merasa bangga didatangi para peserta Tafisa yg terdiri dari berbagai bangsa. Melalui museum ini kalian ingin melestarikan sejarah dan perjuangan olahraga Indonesia kepada anak cucu kita,” kata dia.

Herman menjelaskan, museum juga mulai menjadi jendela informasi, wahana edukasi, dan komunikasi untuk penerus bangsa yg mulai melestarikan sejarah dan perjuangan olahraga Indonesia kepada anak cucu.

Selain mengunjungi museum olahraga, 500 orang delegasi TAFISA juga mengunjungi anjungan Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Museum Indonesia, dan berakhir dengan nonton bareng film Indonesia Indah di Keong Emas. Pergelaran TAFISA Games 2016 ajang Olahraga Rekreasi dan Tradisional mulai ditutup secara resmi pada Selasa 11 Oktober malam di pelataran Pantai ABC Ancol Jakarta Utara.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/10/11/22394711/tengok.kemajuan.olahraga.di.indonesia.melalui.museum
Terima kasih sudah membaca berita Tengok Kemajuan Olahraga di Indonesia Melalui Museum. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tengok Kemajuan Olahraga Di Indonesia Melalui Museum"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.