TAFISA Games Gemakan Khazanah Budaya Indonesia Ke Seluruh Dunia

Berikut artikel TAFISA Games Gemakan Khazanah Budaya Indonesia ke Seluruh Dunia, Semoga bermanfaat

 

JAKARTA, KOMPAS.com –  Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengaku bangga Indonesia dapat menjadi tuan rumah TAFISA World Sport For All Games ke-6 tahun 2016. Hal tersebut disampaikan Puan ketika membuka acara yg digelar di Pantai ABC Ancol, Jakarta, Sabtu (8/10/2016).

“Merupakan suatu kehormatan, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan TAFISA World Games ke-6 tahun 2016. Ini adalah momentum bersejarah untuk Indonesia yg sangat kaya mulai tradisi dan budaya,” kata Puan.

Selain Puan, hadir pula Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan sejumlah menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Imam Nahrawi.

Meski digelar outdoor dan dibarengi hujan rintik-rintik, acara tetap berlangsung dengan meriah. Aneka tari-tarian tradisional daerah dan semi-kolosal ditampilkan dalam pembukaan. Misalnya, tarian dan nyanyian Sajojo dari Papua yg membuat para hadirin ikut berjoged.

Selain itu, ada juga tari senam Poco-Poco dari Ambon, Saman Gayo dari Aceh, atraksi Bambu Gila khas Maluku, serta tari Paraga dari Sulawesi Selatan. Semua tarian ini diiringi musik klasik yg dipadukan dengan musik modern yg unik.

Kontingen Indonesia juga menampilkan olahraga bela diri pencak silat yg yaitu turunan khas nenek moyang Indonesia. Dengan iringan musik Sunda dan Gong Bali, para pesilat memperlihatkan keindahan gerakan bela diri berpadu dengan tarian daerah.

“Memadukan antara seni gerak, musik khas daerah, serta olahraga membuktikan bahwa khazanah budaya bangsa kalian semakin kaya. Ini tentunya telah diakui dan dikagumi dunia internasional,” ujar Puan yg juga Ketua Panitia Nasional sekaligus Ketua Pengarah acara.

Puan menjelaskan bahwa TAFISA World Sport For All Games ke-6 tahun 2016 mulai memperkaya saling pemahaman dan pengalaman berbagai olahraga dan permainan tradisional dari beragam masyarakat dunia. 

“Kita mulai memperkenalkan potensi dan keunggulan seni budaya dan olahraga tradisional dari 34 provinsi, promosi pariwisata dan kuliner, serta pameran sarana prasarana olahraga, ucap Puan.

Perhelatan pesta olahraga rekreasi dunia atau TAFISA Games yg ke-enam, dimulai dari tanggal 6 hingga 12 Oktober mendatang di Jakarta. Sebanyak 87 negara dan 29 provinsi sudah mengonfirmasi kehadirannya dalam ajang yg dikenal sebagai olimpiade-nya olahraga rekreasi dan tradisional dari semua dunia ini.

Lebih dari 9.000 delegasi yg terdiri dari atlet, official dan manajer yg berasal dari negara- negara di 5 benua mulai mengikuti 50 cabang olahraga yg dipertandingkan. Sebagian besar olahraga rekreasi, perlombaan dan ekshibisi ini mulai digelar di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/10/09/13353361/tafisa.games.gemakan.khazanah.budaya.indonesia.ke.seluruh.dunia
Terima kasih sudah membaca berita TAFISA Games Gemakan Khazanah Budaya Indonesia ke Seluruh Dunia. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "TAFISA Games Gemakan Khazanah Budaya Indonesia Ke Seluruh Dunia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.