Senam Islam Nusantara Dengan Gerakan Salat Dan Wudu

No comment 69 views

Berikut artikel Senam Islam Nusantara dengan Gerakan Salat dan Wudu, Semoga bermanfaat

AMBARAWA, KOMPAS.com – Senam Islam Nusantara (SIN) yg diinisiasi oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Semarang, diluncurkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi di Lapangan Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman Ambarawa, Minggu (25/9/2016) sore.

Menurut pencipta SIN, Muslih, gerakan senam ini terinspirasi gerakan-gerakan salat dan gerakan berwudu atau bersuci. Sebab gerakan-gerakan salat ternyata memiliki unsur-unsur olahraga yg bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

“NU harus milik ciri khas dan gerakan-gerakan salat itu ternyata ada unsur olahraganya. Maka itu dikemas, sehingga kami ciptakan Senam Islam Nusantara ini,” kata Muslih di sela peluncuran SIN.

Gerakan SIN ini, ungkapnya, meliputi tiga gerakan utama. Yakni pemanasan, inti senam yg menggabungkan gerakan wudu dan salat dan diakhiri gerakan peregangan. Semua gerakan SIN ini, tandasnya, tak cuma sekadar berolah tubuh tetapi juga ada maknanya.

“Filosofinya, selain buat menyehatkan jasmani dan rohani,  gerakan- gerakan SIN ini juga ingin mengajak umat Islam lebih mencintai salat melalui senam ini,” kata Muslih.

Selain gerakannya yaitu elaborasi gerakan senam dan gerakan-gerakan salat, lanjutnya, SIN ini juga lebih khas karena diiringi musik yg dinamis perpaduan antara musik jawa dan melayu.

“SIN ini juga dalam rangka bagi mensyiarkan program PBNU, merupakan Islam Nusantara,” ujarnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dalam sambutannya berharap agar SIN ini tak cuma menjadi rutinitas di kalangan NU di Kabupaten Semarang saja, mulai tapi mampu menyebar ke segala Nusantara.

“Saya minta yg tiba segala ini, yg biasanya suka upload (mengunggah) di media sosial. Tolong SIN ini dipasang sebagai status agar SIN dapat diketahui lebih luas,” kata Nahrawi. 

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/09/25/20472401/senam.islam.nusantara.dengan.gerakan.salat.dan.wudu
Terima kasih sudah membaca berita Senam Islam Nusantara dengan Gerakan Salat dan Wudu. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Senam Islam Nusantara Dengan Gerakan Salat Dan Wudu"