Senam Buat Para Warga Lansia

No comment 97 views

Berikut artikel Senam buat Para Warga Lansia, Semoga bermanfaat

PONOROGO, KOMPAS.com — Jika orang lanjut usia (lansia) memamerkan semangat berolahraga, maka anak-anak muda seharusnya tak kalah semangat dalam berolahraga.

Demikian pesan yg disampaikan Menpora Imam Nahrawi ketika mengikuti senam bersama 3.200 warga lansia dalam Festival Bugar Lansia Indonesia 2016 di Stadion Gelora 10 Nopember, Surabaya, Kamis (8/9/2016) pagi.

Acara senam bersama dalam Festival Bugar Lansia 2016 ini yaitu rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2016 yg puncaknya mulai dilaksanakan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jumat (9/9/2016) malam. Menpora bersama Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, dan sejumlah pejabat Kemenpora yang lain turut bergabung dan senam dengan ribuan warga lansia dan pra-lansia yg penuh semangat.

Festival Bugar Lansia 2016 yg mengusung tema  “Ayo Olahraga Menuju Indonesia Bugar Lansia” dilaksanakan dengan tujuan mempersiapkan warga lansia yg bugar dengan mengatur kontinuitas serta partisipasi olahraga sejak usia pra-lansia kepada masyarakat. Rangkaian kegiatan yg mulai dilaksanakan pada festival ini antara yang lain Senam Bersama (massal), Jalan Seribu Langkah, Perlombaan Senam SBLI, Game Interaktif, dan Sosialisasi beserta demo Senam Cakra Wiweka, serta olahraga dari PAMI (Persatuan Athletic Master Indonesia) diakhiri dengan tes kesehatan gratis.

“Mereka para warga lansia telah mencontohkan bagaimana cara hidup sehat. Lomba ini utama dilaksanakan bagi memastikan bahwa warga lansia saja selalu berolahraga, kenapa kalian yg muda-muda ini meninggalkan fondasi buat hidup sehat lewat berolahraga,” ujar Menpora usai mengikuti senam bersama.

Menpora menegaskan, generasi muda Indonesia harus berkarakter dan mental yg kuat, milik kemauan dan kemampuan buat hidup sehat lahir dan batin.

“Kini kalian terinspirasi oleh para bapak dan ibu yg usianya lebih tua dari kita, tapi semangat dan dedikasinya tak pernah berhenti bagi memberi motivasi kepada generasi muda kita,” tambah Cak Imam.

Acara senam lansia ini juga dicatat sebagai rekor oleh Museum Rekor Indonesia-Dunia (Muri) sebagai Lomba Senam oleh Lansia Terbanyak dengan melibatkan 3.200 warga lansia. Pada ketika menerima rekor Muri, Menpora menuju panggung dengan diusung Reok Ponorogo.

Senior Manager Museum Rekor Indonesia, Yusuf Ngadri, mengatakan, Muri menghormati bapak dan ibu yg telah mampu menjadi teladan buat menjaga kesehatan.

“Oleh karena itu, Muri memberi penghargaan ini dan mengucapkan terima kasih kepada FORMI, Dinas Olahraga Jawa Timur dan Surabaya, serta tentu saja Kemenpora yg telah menyelenggarakan acara ini,” kata Yusuf.

Selain berbagai lomba dalam Festival Bugar Lansia Indonesia 2016, pada kesempatan ini, Menpora juga mengadakan Penganugerahan kepada 10 Tokoh Bugar Lansia Indonesia. Penghargaan diberikan kepada tokoh olahraga yg telah berusia di atas 70 tahun, tapi masih bugar dan aktif dalam berkegiatan di masyarakat atau menjadi pengurus organisasi keolahragaan.

Kesepuluh tokoh Lansia Bugar tersebut adalah pembina klub Jantung Sehat Moerwati Hartono (82); mantan Rektor ITS sekaligus Pengurus Persatuan Atletik Masters Indonesia, Prof Mahmud Zaki (81); dan Yahya Buchori (79) yg yaitu mantan atlet panahan nasional sekaligus ayah dari olimpian dari Lilis Handayani.

Anugerah juga diberikan kepada Pengurus Persatuan Atletik Masters Indonesia dan Pengurus Persatuan Olahraga Pacho, dr Bambang Wiyasa Wiradinata (79), Ketua Umum FORMI Kota Surabaya Bambang Purwantonagoro; sprinter Asiyah Warsih; mantan petenis nasional, Tri Yolanda; mantan pemain basket, Mieke Muktiami; mantan Ketua Dharma Wanita dan PKK Jatim, Sri Hastuti Soedjito; serta atlet Persatuan Atletik Masters Indonesia, Purwaningsih (72).

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/09/08/16245811/senam.buat.para.warga.lansia
Terima kasih sudah membaca berita Senam buat Para Warga Lansia. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Senam Buat Para Warga Lansia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.