Sejak Olimpiade 2000, Angkat Besi Selalu Sumbang Medali Bagi Indonesia

Berikut artikel Sejak Olimpiade 2000, Angkat Besi Selalu Sumbang Medali bagi Indonesia, Semoga bermanfaat

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com – Angkat besi menjadi cabang olahraga yg terus menyumbang medali buat Indonesia sejak Olimpiade 2000. Tahun ini, tradisi itu berlanjut. 

Terbaru, Eko Yuli Irawan mempersembahkan medali pada Senin (8/8/2016) atau Selasa pagi WIB. Turun di kelas 62 kg, lifter yang berasal Lampung itu meraih medali perak kedua buat Indonesia di Olimpiade Rio 2016. 

Medali perak pertama dipersembahkan Sri Wahyuni Agustiani. Lifter yang berasal Bandung itu meraih medali di kelas 48 kg putri pada Sabtu (6/8/2016). 

“Dua medali perak dari Eko dan Sri Wahyuni merupakan sejarah untuk cabang olahraga angkat besi yang menjadi penyumbang medali tetap di Olimpiade,” kata HPD One Race Satlak Prima, Hadi Wihardja. 

“Khusus untuk Eko kesuksesan itu mencatat dirinya sebagai satu-satunya atlet angkat besi yang meraih medali dalam tiga Olimpiade beruntun,” tuturnya lagi. 

Hadi Wihardja benar. Angkat besi merupakan cabang olahraga yg langganan mempersembahkan medali buat Indonesia, tepatnya sejak Sydney 2000.  Sejak ketika itu, angkat besi terus rutin menyumbang medali bagi Indonesia.

Medali pertama angkat besi dipersembahkan oleh Raema Lisa Rumbewas, Sri Indriyani, dan Winarni pada Olimpiade  2000.

Lisa dan Sri masing-masing meraih medali perak  dan perunggu bagi kelas 48 kg. Adapun Winarni, menyabet medali perunggu buat kelas 53 kg.

Lisa kembali meraih medali perak pada Olimpiade 2004 Athena. Bertanding di kelas 53 kg, atlet kelahiran Jayapura tersebut naik podium bersama Nurcan Taylan (Turki, emas) dan Aree Wiratthaworn (Thailand, perunggu).

Pada Olimpiade 2008 Beijing, giliran Eko Yuli Irawan dan Triyatno yang menyabet medali. Keduanya menyumbangkan medali perunggu, masing-masing pada nomor 56 kg dan 62 kg.

Penyelamat wajah Indonesia 

Pada Olimpiade 2012, angkat besi menjadi penyelamat wajah Indonesia. Hal itu tidak lepas dari kegagalan cabang bulu tangkis yg langganan meraih medali. 

Di London 2012, bulu tangkis sama sekali tidak meraih medali untuk Indonesia. Padahal, antara 1992 dan 2008, bulu tangkis terus sukses mempersembahkan setidaknya sesuatu medali emas. 

Sebaliknya, angkat besi meneruskan tren positifnya.  Eko Yuli kembali meraih perunggu pada Olimpiade 2012 London ketika bertanding di kelas 62 kg.

Triyatno yang turun pada nomor 69 kg membawa pulang medali perak. Dua medali itu dibawa pulang Indonesia dari Olimpiade 2012.

PIPIT PUSPITA RINI/KOMPAS.COM Eko Yuli mempersembahkan medali perak dari cabang angkat besi, Senin (8/8/2016).

Catatan itu pun berlanjut di Rio de Janeiro 2016, angkat besi kembali menjadi pedulang medali untuk Indonesia. Sri Wahyuni dan Eko Yuli menjadi lifter yg menjaga tradisi tersebut. 

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/08/09/12282431/sejak.olimpiade.2000.angkat.besi.selalu.sumbang.medali.bagi.indonesia
Terima kasih sudah membaca berita Sejak Olimpiade 2000, Angkat Besi Selalu Sumbang Medali bagi Indonesia. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Sejak Olimpiade 2000, Angkat Besi Selalu Sumbang Medali Bagi Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.