Sean Dan Giovinazzi Kembali Beraksi Pada Ajang Balap Ketahanan

Berikut artikel Sean dan Giovinazzi Kembali Beraksi pada Ajang Balap Ketahanan, Semoga bermanfaat

SHANGHAI, KOMPAS.com – Pebalap muda Indonesia, Muhammad Sean Gelael, kembali beraksi pada ajang balap ketahanan FIA World Endurance Championship (WEC), akhir minggu ini.

Balapan selama enam jam di Sirkuit Shanghai, China, ini yaitu seri ke-8 dari WEC 2016. Mereka tergabung di tim Extreme Speed Motosport (ESM) yang berasal Amerika Serikat.

Didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, Sean mulai kembali bergabung dengan Antonio Giovinazzi (Italia). Tahun ini, kedua pebalap tersebut sama-sama turun pada ajang balap GP2 Series.

Tim mereka diperkukat Tom Blomqvist. Dia menggantikan Giedo Van der Garde, yg sebelumnya turun bersama Sean dan Giovinazzi pada seri ke-7 di Sirkuit Fuji Speedway, pertengahan Oktober lalu.

 

The Crew is Back. #Views

A photo posted by Sean Gelael (@gelaelized) on Nov 2, 2016 at 7:08am PDT

“Saya senang akhirnya mampu mendapat kesempatan bagi tampil di balapan WEC. Saya sangat antusias bagi menjalani debut dan mulai berupaya memberikan sumbangan besar buat tim,” kata Blomqvist dalam rilis yg diterima Kompas.com.

Pebalap berusia 22 tahun ini yaitu anak kandung dari Stig Blomqvist, juara reli dunia (World Reli Championship/WRC) 1984.

Blomqvist telah milik pengalaman ikut balapan ketahanan yakni pada Asian Le Mans Series di sirkuit Zuhai, minggu lalu.

Blomqvist bukan sosok yg asing bagi Sean dan Giovinazzi karena ketiganya pernah tampil sesuatu tim di Formula 3 Eropa 2014.

Saat itu, Blomqvist menempati posisi kedua di klasemen akhir pebalap, di bawah Esteban Ocon dan di atas Max Verstappen, yg kini sama-sama telah tampil di ajang balap Formula 1.

“Saya tahu, balapan hari Minggu nanti menjadi tantantan besar untuk debut saya. Akan tetapi, aku menyukai tantangan. Balapan WEC sangat kompetitif yg pesaingnya yaitu pebalap berpengalaman dan pernah menjajal Formula 1,” tutur Blomqvist.

Sean dkk telah menjalani beberapa sesi latihan pada Jumat (4/11/2016). Pada sesi latihan pertama, catatan waktu yg mereka raih belum terlalu impresif yakni 1 menit 57,322 detik.

Mereka berada di posisi kedelapan dari sepuluh tim LMP2. Pada sesi kedua, Sean sukses mempertajam waktu tim menjadi 1 menit 55,969 detik.

“Sesi latihan ke-1 dan ke-2 lebih banyak kita manfaatkan bagi menjajal setelan mobil. Baru pada sesi latihan ke-3 dan babak kualifikasi kalian mulai coba mengejar catatan waktu tercepat agar mendapatkan posisi start terdepan,” kata Sean.

Sesi latihan ketiga dan sesi kualifikasi mulai digelar Sabtu (5/11/2016).

 

Qualifying tomorrow… ????

A photo posted by Sean Gelael (@gelaelized) on Nov 4, 2016 at 6:34am PDT

Ada beberapa bagian dari Sirkuit Shanghai yg perlu mendapat perhatian pebalap yakni tikungan siput 1-4 dan 11-13. Keduanya disusul dengan lintasan lurus sepanjang 1,4 kilometer yg yaitu trek lurus terpanjang.

Para pebalap mampu memacu mobil hingga 320 kilometer per jam sebelum menginjak rem dalam-dalam di tikungan 14 yg tajam.

Pebalap memerlukan downforce yg sangat baik bagi mengatasi perbedaan kecepatan secara ekstrem tersebut.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/11/05/05095351/sean.dan.giovinazzi.kembali.beraksi.pada.ajang.balap.ketahanan
Terima kasih sudah membaca berita Sean dan Giovinazzi Kembali Beraksi pada Ajang Balap Ketahanan. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Sean Dan Giovinazzi Kembali Beraksi Pada Ajang Balap Ketahanan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.