Saat Lagu Kebangsaan Amerika Dianggap Dilecehkan

No comment 78 views

Berikut artikel Saat Lagu Kebangsaan Amerika Dianggap Dilecehkan, Semoga bermanfaat

SAN DIEGO, Kompas.com – Pemain klub San Francisco 49ers, Colin Kaepernick jadi sasaran cemooh ketika melanjutkan aksi boikotnya bagi tetap duduk ketika lagu kebangsaan Amerika dimainkan.

Sikap Kaepernick dianggap kontroversial dengan tetap duduk ketika “The Star Spangled Banner” dimainkan. Ia melakukan hal ini sebagai protes terhadap perlakuan diskriminatif terhadap penduduk kulit hitam.

Kaepernick memilih tetap duduk selama lagu kebangsaan dinyanyikan ketika tim 49ers menghadapi San Diego Chargers di Qualcomm Stadium, San Diego, Kamis (1/9/2016).

Apalagi ketika itu tim Chargers sedang melakukan penghormatan¬† kepada personel militer dalam acara tahunan, “Salute to the Military.” San Diego¬† memang yaitu sesuatu kota dengan populasi tinggi dari personel militer karena di sana juga terdapat pangkalan angkatan laut AS.

Kaepernick mendapat cemooh penonton stadion selama melakukan boikot duduk dan juga setelahnya. Namun ia bisa mengatasinya dan memimpin timnya mengungguli Chargers.

Sikap Kaepernick ini dipicu dengan serangkaian perstiwa ketidakdilan yg dirasakan penduduk kulit hitam setiapkali berurusan dengan kepolisian AS yg didominasi kulit putih.

Namun banyak yg menganggap boikot Kaepernick yaitu tindak tak patriotik dan tak menghargai simbol negara. Calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump bahkan mengecam tindakan Kaepernick dan memintanya pindah ke negara lain.

“Mungkin ia mulai mencari negara yg lebih baik bagi dirinya. Coba saja, dia tak mulai menemukannya,”¬† kata Trump.

Namun ada juga pendukung sikap Kaepernick, seperti yg ditunjukkan ikon olah raga sekaligus penggiat hak asasi manusia, Tommie Smith. Pada Olimpiade 1968, Smith bersama temannya John Carlos mengacungkan kepalan yg terbungkus sarung tangan hitam sebagai dukungan terhadap Black Movement di Amerika.

“Ia (Kaepernick) cuma ingin menyampikan sesuatu. Namun banyak yg tak setuju dengan cara penyampaiannya,” kata Smith. “Saya mendukungnya karena ia membawakan kebenaran. Jika ia melakukannya tanpa kekerasan, setidaknya dengarkanlah suaranya.”

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/09/02/11223251/saat.lagu.kebangsaan.amerika.dianggap.dilecehkan
Terima kasih sudah membaca berita Saat Lagu Kebangsaan Amerika Dianggap Dilecehkan. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Saat Lagu Kebangsaan Amerika Dianggap Dilecehkan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.