Renovasi Arena Asian Games 2018 Terus Dikebut

No comment 77 views

Berikut artikel Renovasi Arena Asian Games 2018 Terus Dikebut , Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Renovasi sejumlah arena buat Asian Games 2018 di Jakarta selalu dikebut. Lima paket renovasi Gelora Bung Karno telah berjalan dan memperlihatkan kemajuan, sedangkan beberapa paket lainnya masih terkendala lelang yg belum tuntas meskipun telah diselenggarakan beberapa kali.

Lima proyek renovasi yg telah berjalan meliputi stadion utama; stadion akuatik; lapangan hoki, panahan, sepak bola ABC; stadion tenis dalam dan luar ruangan; serta Istora Senayan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yg meninjau Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (1/10/2016), mengatakan, pengerjaan paket itu memamerkan perkembangan positif.

”Yang semestinya berjalan 1 persen, ini telah 2 persen. Rata-rata 0,5-1 persen lebih cepat dari seharusnya,” ucap Basuki.

Selain lima proyek itu, ada beberapa paket pekerjaan yg masih dalam proses lelang, yakni renovasi stadion madya, lapangan sofbol, lapangan bisbol, dan gedung basket; serta pembangunan pusat latihan. Lelang proyek itu telah diulang beberapa kali, tapi gagal mendapatkan pemenang. Padahal, segala proses lelang ditargetkan rampung September.

Ketua Satgas Infrastruktur Asian Games 2018 Imam S Ernawi menuturkan, proses lelang beberapa paket itu belum tuntas karena terkendala persoalan administrasi, seperti dokumen yg tak lengkap. ”Namun, Oktober ini harus selesai dan memulai konstruksi,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, Sabtu, pelaksana jasa konstruksi di stadion penting tengah memindahkan bangku di tribune ke pinggir lapangan. Di stadion akuatik, petugas membongkar kolam renang dengan memakai alat berat. Di stadion tenis luar ruangan, kursi-kursi dan plafon telah dicopot dari area tribune.

Penataan kawasan

Selain renovasi bangunan, mulai dikerjakan juga penataan kawasan GBK. Basuki mengatakan, penataan kawasan ketika ini masih dalam tahap pembuatan desain dan direncanakan tuntas pada November 2016. Setelah itu, mulai dilelang dan akan dilakukan pada Januari 2017.

Imam menambahkan, nantinya, penataan tidak sekadar dibuat taman, tapi ada ruang publik yg bisa diakses masyarakat. ”Ada kegiatan seni, budaya, dan ekonomi. Agar masyarakat bisa berinteraksi,” ujarnya.

Basuki juga meninjau beberapa kawasan wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat. Ada tujuh gedung buat atlet dan tiga gedung buat ofisial dan wartawan. Menurut dia, progres pembangunan wisma atlet sudah mencapai 23 persen, sekitar 2 persen lebih cepat dari rencana. ”Wisma atlet juga ditargetkan selesai pada Oktober 2017,” kata Basuki.

Total biaya yg dikeluarkan bagi pembangunan infrastruktur Asian Games 2018 mencapai Rp 6 triliun. Jumlah itu terdiri atas Rp 2,5 triliun bagi renovasi GBK dan Rp 3,5 triliun bagi pembangunan wisma atlet.

Kompas/Aditya Putra Perdana Sebagian tempat duduk di tribune penonton Gelora Bung Karno dicopot dan diganti, Sabtu (1/10/2016), sebagai bagian dari rencana penyelenggaraan Asian Games 2018.

Dipertanyakan

Rencana pemerintah memodifikasi stadion penting GBK dengan tidak mengurangi ramp-ramp atau akses jalan landai untuk penonton buat menuju lantai atas stadion dipertanyakan efektivitasnya. Selain itu, bangunan tambahan mampu menutupi wajah bangunan stadion dengan kolom-kolomnya yg selama ini miring, yg menjadi ciri khasnya.

”Jangan sampai mahakarya yg ikut digagas Bung Karno tidak kelihatan atau hilang karena modifikasi tersebut. Kalau memperkuat bangunan, mengubah tata lampu, tata suara, atau perbaikan yang lain yg tak mengubah warisan sejarah, silakan saja,” tutur putra sulung Presiden Soekarno, Guntur Soekanoputra, minggu lalu.

Ketua Tim Sidang Pemugaran DKI Jakarta Bambang Eryudhawan, yg juga pengurus Yayasan Bung Karno, mengatakan, Stadion GBK yaitu cagar budaya yg dilindungi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. ”Jangan sampai penetapan cagar budaya itu hilang dengan adanya ramp-ramp tambahan atau melanggar UU,” katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kempora Gatot S Dewa Broto menyatakan, pemerintah berhati-hati merenovasi Stadion GBK yg yaitu warisan cagar budaya nasional dan dilindungi UU. Ia menekankan, renovasi tidak sampai mengubah ciri khasnya. ”Risiko pelanggarannya adalah pidana,” katanya.

Artikel ini sudah dimuat di Harian KOMPAS pada Senin (3/10/2016) di halaman 29 dengan judul “Arena Asian Games Dikebut”. Untuk berlangganan silakan kunjungi  http://kiosk.kompas.com atau baca versi e-papernya di http://epaper.kompas.com.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/10/04/14171021/renovasi.arena.asian.games.2018.terus.dikebut.
Terima kasih sudah membaca berita Renovasi Arena Asian Games 2018 Terus Dikebut . Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Renovasi Arena Asian Games 2018 Terus Dikebut"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.