Pospenas Diharap Membentuk Santri Yang Lengkap

No comment 95 views

Berikut artikel Pospenas Diharap Membentuk Santri Yang Lengkap, Semoga bermanfaat

SERANG, Kompas.com – Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) 2016 diharapkan selalu memacu pemasalan olahraga di kalangan pesantren dan masyarakat secara umum dan menopang prestasi olahraga Indonesia.

“Dari Kemenpora, pada Pospenas ini kalian menolong dalam penyelenggaraan even olahraganya. Ada 11 Cabor yg dipertandingkan. Karena ajang ini lebih bersifat pemasalan, sebenarnya jumlah cabang olahraga yg dipertandingkan masih kurang, mudah-mudahan ke depan dapat ditambah,” jelas Asisten Deputi Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus pada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Bayu Rahadian di Serang Jumat (28/10).

Pospenas ke- VII di Banten berlangsung 22-28 Oktober 2016, diikuti 6.000 santri dari 34 provinsi segala Indonesia. Mempertandingkan 12 cabang seni dan Untuk 11 cabang olahraga. Cabang olahraga yg dilombakan adalah atletik, bola basket, hadang, bola voli, bulu tangkis, futsal, sepak takraw, tenis meja, pencak silat, senam santri, dan panahan. Acara penutupan mulai digelar Jumat (28/10) malam.

Tuan rumah  Banten meraih juara umum dalam ajang Pospenas 2016 ini dengan mendapatkan 19 emas, 9 perak dan 14 perunggu. Disusul Jawa Barat dengan raihan medali 19 emas , 9 perak dan 14 perunggu, kemudian Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun demikian, khusus buat sektor olahraga, peraih medali terbanyak adalah Jawa Barat.

Bayu menegaskan, meskipun lebih bersifat pemasalan, Pospenas juga yaitu wadah bagi menggali potensi santri khususnya dari bidang olahraga. Karena itu, Kemenpora menurunkan tim pamantau bakat buat melihat potensi tersebut. “Tim pamantau bakat dari Kemenpora diturunkan. Seperti mantan pelari Suryo Agung di cabang atletik,” tambah Bayu.

Sebelumnya, Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta menyampaikan bahwa Pospenas meruapakan wadah bagi menghidupkan kembali olahraga di kalangan santri. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi wadah silaturahmi buat santri. “Kita ingin menampilkan potensi olahraga yg dimiliki para santri. Dan ini mampu dikembangkan ke level yg lebih tinggi,” kata Isnanta.

Menurutnya, esensi dari Pospenas adalah semangat membangun kesehatan santri lewat olahraga. Sebab santri selain mampu mengaji dan jago baca kitab, mereka juga harus sehat dan bugar.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/10/28/21564951/pospenas.diharap.membentuk.santri.yang.lengkap
Terima kasih sudah membaca berita Pospenas Diharap Membentuk Santri Yang Lengkap. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pospenas Diharap Membentuk Santri Yang Lengkap"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.