Perubahan Tolok Ukur Keberhasilan Olah Raga

No comment 91 views

Berikut artikel Perubahan Tolok Ukur Keberhasilan Olah Raga, Semoga bermanfaat

BANDUNG, Kompas.com –  Di masa mendatang,  ajang olah raga regional seperrti SEA Games cuma menjadi ajang persiapan arena lebih besar seperti Asian Games atau Olimpiade dan tidak lagi jadi tolok ukur keberhasilan olah raga nasional.

Hal ini diungkap Menpora Imama Nahrawi ketika menghadiri sekaligus menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PB ISSI Tahun 2016 di Ballroom Hotel Grand Tjokro Cihampelas, Bandung, Jawa Barat,JUmat (16/9 malam).

Imam Nahrawi tiba bersama isteri dan didampingi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI)  Raja Sapta Oktohari.

Rakernas yg digelar di tengah-tengah persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat ini diikuti sedikitnya 20 Pengurus Provinsi ISSI dari segala Indonesia. Meningkatkan Semangat Integritas dan Solidaritas dalam rangka Meningkatkan Prestasi Atlet Balap Sepeda di Tingkat Internasional, menjadi tema yg diangkat malam ini.

Raja Sapta Oktohari yg juga selaku Chef de Mission Kontingen Indonesia pada Olimpiade Brasil 2016 dinilai Menpora adalah salah sesuatu tokoh yg bisa memberikan rasa optimis ketika atlet berjuang di Olimpiade Brasil 2016 hingga kontingen Merah-Putih berhasil membawa tradisi emas.

Terkait Tour de Nusantara, lanjutnya, mulai menjadi dedikasi tertinggi PB ISSI bagi Indonesia yg didukung Presiden Joko Widodo. “Sesuai instruksi Presiden, TdN agar langsung disiapkan dengan matang melibatkan segala kabupaten/kota diseluruh penjuru negeri, efek dari TdN ini nantinya kalian harap bisa memberikan efek agar menjadikan bersepeda sebagai gaya hidup sehari-hari tidak terkecuali seorang menteri buat itu perlu digaungkan dengan maksimal,” ujar pria kelahiran 47 tahun silam ini.

Menpora ucapkan selamat kepada ISSI yg sudah berhasil meloloskan sesuatu atlet BMX ke Olimpiade. “Kita segala harus berusaha agar mampu meloloskan lebih banyak atlet ke Asian Games dan Olimpiade, hak ini sesuai amanat Presiden bagi langsung menyiapkan atlet dengan memberikan perhatian kepada cabor unggulan dan potensi medali olimpiade salah satunya di ISSI,” ujar Cak Imam sapaan akrab Menpora.

Menurutnya, alat ukur keberhasilan Kemenpora dan Indonesia di even olahraga adalah raihan medali di Asian Games dan Olimpiade. “PON diharapkan menjadi momen terakhir untuk atlet muda membuktikan dirinya buat masuk ke atlet elite, PON 2020 mulai kami siapkan regulasi agar menjadi sportif tak ada transfer atlet, atlet berburu daerah yg memberikan bonus besar,” lanjutnya.

Terkait SEA Games di Malaysia 2017, Menpora mengisyaratkan mulai mengirimkan dua atlet saja karena SEA Games tak lagi menjadi alat ukur keberhasilan olahraga nasional. “Mindset kami sekarang harus dirubah bahwa SEAG hanyalah ajang bagi memastikan kami masuk ajang selanjutnya Asian Games dan Olimpiade,” tegasnya.

Lebih lanjut, Menpora menilai Presiden ketika ini sangat konsen kepada prestasi olahraga. “Presiden Joko Widodo sempat berbisik kepada Menkeu bahwa tahun 2017 terkait pemotongan anggaran silakan dikerjakan di kementerian yang lain tapi khusus di Kemenpora jangan bahkan carikan terobosan yang lain melalui BUMN menjadi ‘bapak asuh dan bapak asli’ cabor unggulan,” terangnya.

“Kita telah melaksanakan Rakernas kedua, biayanya ini dari Menpora, apa yg menjadi pemikiran Menpora sudah kita sampaikan disini, Ketua KONI Suwarno dan Ketua Satkak Prima Achmad Soetjipto sudah memberikan pencerahan di balap sepeda ini,” ujar Okto dalam laporannya. Sementara itu balap sepeda pada PON Jawa Barat tahun ini mulai mempertandingkan empat kategori yakni BMX, MTB, Track dan Road Race.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/09/17/10242351/perubahan.tolok.ukur.keberhasilan.olah.raga
Terima kasih sudah membaca berita Perubahan Tolok Ukur Keberhasilan Olah Raga. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Perubahan Tolok Ukur Keberhasilan Olah Raga"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.