Pelatih Fisik Pelatnas Berbagi Ilmu

No comment 101 views

Berikut artikel Pelatih Fisik Pelatnas Berbagi Ilmu, Semoga bermanfaat

PALEMBANG, Kompas.com –  Dalam sesuatu rangkaian acara Penyegaran Kursus Kepelatihan Bulutangkis atau coaching clinic PBSI 2016, Pelatih Fisik Pelatnas, Iwan Hermawan berbagi ilmu mengenai teknik kepelatihan fisik atlet bulutangkis. Kondisi fisik yg bagus dan berkualitas yaitu salah sesuatu faktor utama penunjang penampilan atlet di lapangan.

“Saya mengatakan materi mengenai pembinaan keadaan fisik. Berdasarkan dua literatur, materi terdiri dari empat fokus, merupakan peningkatan daya tahan, peningkatan kekuatan, komponen fisik kecepatan dan fleksibilitas. Itu yg dibahas kali ini. Mulai dari definisi apa itu latihan kekuatan, kenapa latihan kekuatan itu utama buat di bulutangkis, bagaimana memberikan latihan bagi kekuatan seorang atlet dan apa saja parameternya,” jelas Iwan Hermawan, pelatih fisik Pelatnas Cipayung.

Iwan mengatakan materi pembinaan keadaan fisik dalam beberapa sesi (21-22/6). Selain pemaparan teori, para pelatih daerah yg mengikuti coaching clinic juga segera ikut praktik di lapangan. Peserta coaching clinic di Palembang pun tampak antusias dalam berdiskusi.

“Walaupun dalam waktu yg terbatas, kalian mau ada aplikasinya yg mulai mereka terapkan nanti di klub masing-masing. Persentase materi yg diberikan kali ini, 60 persen praktik segera dan 40 persen penyampaian melalui teori,” ujar Iwan.

“Bagaimana cara mengambil data. Seperti data kekuatan maksimal, data daya tahan atletnya. Dari data tersebut, jadi dasar mereka buat membuat program latihan. Sehingga program latihan yg diberikan nantinya bukan dikarang-karang, tetapi ada dasarnya,” ungkap Iwan lagi.

Para pelatih daerah hadir juga diberikan tips-tips jitu bagi latihan fisik yg aman dan sesuai usia atlet. Karena disampaikan Iwan, tak segala program latihan fisik mampu segera diberikan kepada atlet pemula. “Beban yg diberikan harus sesuai dengan usianya. Pelatih juga harus bersabar dan tahu kapan waktu yg tepat,” pungkas Iwan.

“Potensi atlet di Indonesia sangatlah besar buat dapat diorbitkan ke level internasional. Tapi kami masih terhambat dengan proses latihan yg konvensional. Ini yg mau kami ubah mindset nya. Dari sisi teknik, pelatih Indonesia mungkin menguasai. Teknik pemain Indonesia kan terkenal bagus. Tapi secara fisik dan lainnya masih belum mendapat perhatian. Latihan fisik yg dikerjakan belum terprogram dan pendekatan ilmiahnya nggak ada,” jelas Iwan.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/06/23/16591431/pelatih.fisik.pelatnas.berbagi.ilmu
Terima kasih sudah membaca berita Pelatih Fisik Pelatnas Berbagi Ilmu. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pelatih Fisik Pelatnas Berbagi Ilmu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.